Check this !!

Minggu, 26 Mei 2013

Handwriting Test


TES KEPRIBADIAN MELALUI TULISAN TANGAN (1)


Tulisan tangan kita bukan sekedar rangkaian kata yang disambung-sambungkan sebagai cara berkomunikasi. Tulisan tangan merupakan sikap kita terhadap kehidupan, sebuah jalan berliku menuju tempat tersembunyi dalam diri, dan sebuah diagram dari alam bawah sadar. Singkatnya, cara kita menulis adalah indikator apa yang kita rasakan tentang diri.
Graphology adalah ilmu yang mengorelasikan pola-pola tulisan tangan dan kepribadian sesorang dan disebut juga sebagai ilmu yang menganalisis tulisan tangan. Salah satu pioner dalam ilmu graphology adalah Vimala Rodger. Vimala menciptakan alfabet yang dikenal dengan “Vimala System” dan mendirikan International Institute of Handwriting Studies.
Sebelum Anda membaca lebih lanjut, ambilah kertas polos berukuran 21,59 x 27,94 cm, permukaan keras yang bisa Anda gunakan untuk menulis (seperti meja), dan pena ballpoint. Sekarang isikan halaman itu dengan tulisan tangan Anda. Gunakan kata-kata Anda sendiri. Jangan mengutip siapapun. Jangan menyontek brosur atau koran. Tulisan suatu topik yang bisa membuat Anda menulis dengan cepat. Pastikan tidak ada garis dikertas itu. Anda harus menulis dengan bebas dan cepat.
Sekarang, ambilah lagi sehelai kertas, juga polos, dan letakkan disebelah kertas yang baru saja Anda isi. Sehelai kertas yang kita gunakan untuk menulis tidak ubahnya seperti sebuah kanvas kosong tentang bagaimana kita menjalani kehidupan. Ketika kita mengisi kertas itu, seperti itulah kita mengisi kehidupan. Sembari mengamati tulisan tangan Anda, gunakanlah sehelai kertas polos tadi untuk menuliskan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Anda lebih sering menggunakan kertas bergaris atau kertas tak bergaris (polos)? 
  2. Seperti apa Anda meletakkan kertas? Lanskap (melebar)   atau Potret (memanjang)?  
  3. Apakah Anda mengisi seluruh kertas atau meninggalkan ruang dipinggiran kertas? Pinggiran yang mana? Kanan, kiri, atas, atau bawah? Seberapa besar ruang itu? 
  4. Apakah tulisan tangan Anda rata melintasi halaman atau cenderung naik-turun? Sesekali atau sering? 
  5. Bagaimana dengan Baseline? Apakah lumayan rata atau bergelombang? 
  6. Secara rata-rata, seberapa dekat jarak antara satu kata dengan kata yang lain Anda tuliskan? Apakah hampir bersentuhan, apakah ada ruang diantara mereka, apakah berjauhan? Apakah jaraknya bervariasi? 
  7.  Apakah Anda menyelesaikan setiap guratan ke arah kiri? 
  8. Apakah Anda menyelesaikan setiap kata dengan Upswing? Kalau iya, seberapa sering? 
  9. Seberapa kecil tulisan tangan Anda? Rata-rata atau lebih kecil, atau lebih besar daripada rata-rata? 
  10. Apakah setipa huruf dalam satu kata berhubungan atau ada huruf yang terpisah? Seberapa sering hal ini terjadi? 
  11. Seberapa keras Anda menekan kertas dengan pena Anda? Apakah tulisan tangan Anda sampai terasa di sisi lain kertas (tekanan besar)? Apakah tulisan tangan Anda tidak sampai terasa di sisi kertas lain (tekanan menengah)? Atau apakah tulisan Anda tidak terlalu kentara (tekanan kecil)? 
  12. Alat tulis apa yang paling Anda sukai? Pena? Bila iya, jenis apa? Rollerball? Felt tip? Fountain? Ballpoint? Atau apakah Anda paling nyaman menggunakan pensil? Bila iya, seberapa sering Anda menggunakan pensil? 
  13. Bagaimana dengan Slant? Apakah tulisan Anda miring ke belakang (ke kiri), ke depan (ke kanan), atau bisa dikatakan tegak lurus? Apakah perubahan arah terjadi secara reguler? 
  14. Apakah zona penulisan Anda bisa dikatakan seimbang? Dengan kata lain, guratan ke atas yang tinggi, guratan yang panjang ke bawah, atau zona tengah yang berukuran sedang? Bila tidak, zona mana yang menonjol? 
  15. Apakah ada banyak Lup di tulisan Anda? Dimana hal sering terjadi? Di zona atas, tengah, atau bawah? Bila Anda hanya mempunyai beberapa lup atau tidak ada lup sama sekali, tuliskan saja tidak ada. 
  16. Manakah yang muncul lebih banyak pada tulisan Anda? Sudut atau lengkungan? Atau apakah jumlahnya seimbang? 
  17. Apakah Anda lebih suka menulis dengan mencetak memakai printer daripada menulis? Bila iya, apakah Anda mencampurkan huruf besar dan huruf kecil? Atau hanya huruf besar? Atau hanya huruf kecil? 
  18. Berapa banyak Anda menemukan Ligatur dalam tulisan Anda? 
  19. Gambarkan tanda tangan Anda. Apakah jelas dan mudah dibaca? Apakah Anda melingkarinya atau membuat garis menembusnya? Apakah satu nama lebih mudah dibaca daripada yang lain? Yang mana? Apakah tanda tangan Anda mirip dengan tulisan tangan Anda? Pelajarilah cara Anda menulis nama. Apakah rasanya seperti yang diinginkan? 
  20. Gambarkan tampilan keseluruhan dari tulisan Anda di halaman itu.

Beberapa istilah yang digunakan dalam Graphology (khusunya untuk istilah yang bercetak biru diatas). Gunakan hal ini untuk membantu Anda menterjemahkan tulisan tangan Anda.
·      Baseline      : Garis imajiner yang menjadi tempat hinggapnya huruf-huruf yang kita tulis.
·      Upswing      : Guratan lengkung ke atas yang muncul di akhir sebuah kata.
·      Slant            : Istilah untuk menunjukkan pola tulisan yang cenderung miring.
·      Lup               : Formasi seperti lengkungan yang menyatu.
·      Ligatur         : Kombinasi dari dua huruf, huruf kedua dibuat dari sebuah huruf pertama.

       Kepribadian Anda yang merupakan jawaban dari pertanyaan tersebut dapat Anda lihat di laman selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar