Check this !!

Rabu, 29 Mei 2013

Handwriting Test



TES KEPRIBADIAN MELALUI TULISAN TANGAN (2)



Kertas Polos atau Bergaris
Penggunaan garis menguatkan kebutuhan untuk mengikuti struktur yang ada, membuat beberapa gelombang, mewarnai di dalam garis, mengguncang hidup sesorang, dan bersikap benar. Mereka memiliki ide yang tidak konkret. Oleh karena itu mulailah menggunakan kertas yang polos (tidak bergaris), perhatikanlah saat pikiran Anda akan berkelana, kreativitas Anda berjalan lancar, dan ide sepertinya tiba-tiba muncul dalam benak Anda.


Posisi Kertas Lanskap atau Potret
Posisi Potret (Vertikal)
Bila Anda lebih suka menulis dengan posisi potret (tegak), Anda menemukan diri Anda dalam kekhawatiran apa yang orang lain pikirkan jika Anda melaukan hal yang berbeda, seperti melakukan sesuatu yang orang lain anggap seperti mimpi yang mustahil. Anda mungkin mulai bergerak ke arah yang baru, tetapi kemudian mundur kembali ke tempat yang Anda kenal dan aman ketika berhadapan dengan hambatan. Pemilihan posisi ini mendukung pembatasan pikiran Anda karena menghambat kemampuan melihat hal-hal dengan cara baru.

Posisi Lanskap (Horizontal)
Mereka yang memilih posisi lanskap (mendatar) biasanya adalah kalangan idealis, pemimpi, resah ketika harus mengikuti apa yang orang lain lakukan atau telah lakukan. Mereka cenderung berpikir untuk diri mereka sendiri dan bukannya membiarkan orang lain berpikir untuk mereka. Mereka berani mengambil resiko yang enggan diambil orang lain dan sering kali menjadi pionir di banyak bidang. Mereka orang-orang yang menjadi penerang jalan.


Margin Pinggir Luar
Margin Atas
Margin atas yang sempit mempresentasikan sikap Anda terhadap figur otoritas. Semakin  kecil jarak antara tepian atas kertas dengan awal tulisan Anda, semakin keras pula penolakan Anda terhadap arahan atau koreksi. Ketika ada yang meminta Anda melakukan sesuatu, Anda mungkin akan mendengar itu sebagai perintah dan bukannya sebagai permintaan, Anda cenderung resah atau mudah kesal. Anda merasa lebih superior daripada orang lain. Hubungan pribadi Anda mungkin dipenuhi konfrontasi dan bukannya keriangan dan kebahagiaan.
Margin atas yang lebar menunjukkan bahwa Anda mungkin orang yang mengikuti setiap permintaan yang Anda terima, dan sering kali membiarkan orang memaksa Anda. Anda cenderung memiliki keinginan berlebihan untuk menyenangkan orang lain dan memiliki rasa takut diomeli.

Margin Kiri
Margin kiri menggambarkan dari mana kita berasal; masa lalu, rumah, ibu, dan ketika kita tumbuh besar. Margin kiri yang sempit menggambarkan Anda semakin bergantung pada ingatan-ingatan masa lalu untuk membentuk masa sekarang. Anda mungkin berada dalam hubungan yang mirip dengan yang dimiliki orang tua Anda. Anda mengambil keputusan yang bukan dari akal sehat atau dari pikiran Anda, melainkan berdasarkan pandangan kehidupan ibu atau ayah, walaupun itu bertentangan dengan sistem kepercayaan Anda. Anda mungkin masih dihantui masa kecil Anda. Anda lebih sering berbicara tentang masa lalu daripada orang lain, dan ini bisa melumpuhkan Anda karena membawa Anda keluar dari masa sekarang.
Margin kiri yang lebar menjadi pertanda tercabutnya Anda dari asal-usul keluarga tanpa menangani penilaian atas ingatan-ingatan yang memberi rasa sakit. Umpamanya seperti membuat tembok batu yang kokoh dan menolak mempercayai bahwa tembok itu memang ada disana. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu mengubah margin Anda menjadi sekitar 2,54 cm. Hal ini adalah cara yang sederhana untuk melepaskan pikiran negatif Anda.

Margin Kanan
Margin kanan melambangkan ke mana kita akan menuju, yaitu masa depan kita. Bila margin kanan Anda terlalu lebar, Anda berusaha menahan masa depan dan bukan berusaha merengkuhnya.
Walaupun idealnya adalah menulis sejauh mungkin di sebelah kanan, tetapi bukanlah sesuatu yang baik jika menyesakkan kata sedekat mungkin ke tepian atau memaksakan kata supaya muat di tepian. Ini melambangkan orang yang mengabaikan batasan yang ditentukan orang lain. Aturlah kata-kata itu dengan alami sampai sedekat mungkin dengan tepian kanan kertas.

Margin Bawah
Margin bawah melambangkan cita rasa estetika kita, apresiasi kita terhadap keindahan dan keeleganan. Semakin besar margin bawah ini, semakin besar penghargaan Anda terhadap kualitas.


Arah Tulisan
Mendatar
Arah tulisan adalah indikator jelas tentang sikap anda dalam menghadapi kehidupan dan kepercayaan diri pada kemampuan dalam mencapai tujuan anda dalam kehidupan. Arah tulisan yang mendatar menggambarkan anda sebagai orang yang tidak suka omong kosong. Ketika anda  menentukan tujuan, Anda-pun mengejarnya dengan sepenuh niat, hasrat, dan determinasi hati, lalu tahu anda akan sampai disana. Namun mengkombinasikan karakter ini dengan faktor-faktor lain akan menjadi indikasi adanya sebuah sikap yang tidak fleksibel.

Menjak ke atas
Ketika garis-garis tulisan anda menanjak secara konsisten, ini menunjukkan anda memiliki sikap positif, win-win, dan menemukan sesuatu yang bermanfaat dalam situasi apa-pun, anda tidak mudah menyerah. Kalaupun anda merasa sedih, itu tidak berlangsung lama.
Garis yang menanjak ke atas secara ekstrim mengindikasikan seseorang yang sama sekali kehilangan kontak dengan kenyataan dan menutupinya dengan sebuah sikap palsu yang selalu riang. Sedangkan garis yang menanjak lembut menggambarkan tulisan sesorang yang memikirkan kemungkinan.

Menurun ke bawah
Penulis yang tulisannya agak menurun ke bawah secara otomatis hanya melihat kemungkinan negatif. Garis yang menurun secara drastis menunjukkan Anda tidak punya rasa percaya pada diri sendiri, citra diri yang dimiliki tidak mendukung bakat Anda, dan  Anda merasa kosong secara emosi dan mental


Baseline
Lurus vs Kaku
Sebuah baseline yang tampak seakan-akan dibuat di atas garis mengindikasikan kekakuan, rasa takut terbukti salah, dan sebuah obsesi terhadap struktur (menekan dirinya sendiri dan orang lain yang ada di sekelilingnya).

Bergelombang
Menggambarkan Anda tidak bisa fokus di satu arah untuk jangka waktu lama. Membuat daftar pekerjaan akan menghasilkan stres maksimum dan tujuan-tujuan hidupnya menjadi sebuah ketidakmungkinan yang ditertawakan. Baseline ideal adalah yang cukup lurus (tidak kaku atau bergelombang).


Jarak Antarkata
Kata-kata yang berdekatan
Anda mungkin memiliki kebutuha komplusif untuk selalu berada di dekat orang, kapan-pun.

Kata-kata yang berjauhan
Anda lebih suka menjaga jarak dan lebih suka mendefinisikan ruang sendiri.


Arah Akhir Guratan
Guratan berakhir ke kanan
Guratan yang berakhir ke kanan membawa kita maju.

Guratan berakhir ke kiri
Guratan yang berakhir di kiri mengindikasikan perhatian Anda sedang lepas dan masa lalu anda mewarnai masa kini. Anda mungkin memandang masa lalu untuk mencari persetujuan, anda mungkin mengulang masa lalu dalam hubungan anda, atau  anda mengikuti sebuah karir yang dipilihkan orang tua dan bukannya pilihan anda sendiri. Banyaknya guratan ke kiri mungkin mengindikasikan perasaan menyalahkan diri sendiri, rasa bersalah, dan ketidakmampuan pribadi yang berdasarkan masa lalu. Semuanya menggambarkan rasa takut untuk bergerak maju dan melemparkan anda ke masa lalu. Pola inilah yang harus di ubah dalam hidup anda.


Melengkung ke Atas sebagai Akhir Guratan
Melengkung disini adalah sebuah guratan di akhir kata yang melambung ke atas di kata terakhir dan naik lebih dari setengah tinggi huruf terakhir. Ini menjadi simbol yang menghanbat gerak untuk maju, contohnya kesombongan, penyangkalan, kecongklakan, dan berpikiran picik. Lengkungan ke atas adalah guratan yang melambangkan pola-pola rasa takut yang tertanam dalam jiwa, biasanya orang yang sering menulis seperti ini sering menggunakan frasa-frasa negatif ketika berbicara.


Besar Tulisan
Tulisan yang kecil
Mereka yang menulis kecil-kecil sangat suka dengan detail. Mereka menyukai informasi yang bertambah sedikit demi sedikit dan seringkali memiliki karir yang berhubungan dengan riset, perancangan, bahasa-bahasa kuno, ilmu komputer, atau sejarah. Mereka menyukai apa-pun yang membuat otak mereka sibuk. Namun kadang munculah preferensi untuk menjadi tidak terlihat dan menghilang sama sekali. Mereka lebih suka bekerja, tinggal, dan bermain di ruang sempit. Mereka biasanya memilih olahraga yang memiliki ruang main jelas seperti tenis dan voli, atau sesuatu yang bisa mereka laukan sendiri seperti berlari, bersepeda, atau berenang.

Tulisan yang besar
Mereka yang memiliki tulisan besar tidak pernah malu ketika harus tampil di depan orang banyak. Mereka suka menjadi pusat perhatian, namun seringkali menunjukkan pengabaian atau keacuhan terhadap perasaan atau kebutuhan orang lain. Mereka sering membuldoser rekan-rekan mereka tanpa menyadari kesalahannya.


Konektivitas Antarhuruf dalam Kata
Semua huruf berhubungan
Bila semua huruf anda terhubung, ini menunjukkan bahwa anda bergantung pada logika, nalar, dan formula yang sudah terbukti benar untuk menyimpulkan sesuatu. Anda juga tidak memberi ruang untuk kretaivitas, pemahaman, atau pemikiran segar.

Huruf-huruf tidak berhubungan
Ketika semua huruf tidak saling terhubung, anda terkunci dalam kehidupan yang menurut standar orang lain, misalnya tradisi budaya atau warisan keluarga.


Tekanan Pena
Tekanan besar
Anda memiliki fokus yang tajam, kepribadian anda begitu intens, anda benar-benar mencurahkan hati pada apa yang anda lakukan. Anda tidak pernah setengah-setengah, karena bagi anda, melakukannya atau tidak sama sekali. Anda pastinya suka makan makanan enak, warna-warna cerah, dan hubungan yang hangat. Anda lebih sensitif terhadap suara dan aroma. Anda mungkin cenderung berlari dan bergegas daripada berjalan.

Tekanan ringan
Anda tidak punya investasi mental atau emosi dalam hidup. Anda mungkin lebih tertarik pada kehidupan yang berpusat pada jiwa. Anda mungkin mengalami kesulitan untuk berkomitmen dalam jangka panjang suatu proyek atau hubungan. Anda cenderung menarik diri dari konfrontasi dan enggan menghadapi langsung. Anda mungkin berbicara dengan suara yang lembut.


Alat Tulis
Pena bertinta
Anda mungkin sekali sorang yang menyukai kata-kata tertulis dan dunia sastra, juga menggemari hal-hal klasik, keindahan, kedalaman, dan tradisi.

Pena felt-tip
Kehidupan anda didasarkan pada penciptaan citra luar yang kuat dan mereka takut ‘ketahuan’. Hanya saja citra yang anda tampilkan tidak sejajar dengan diri anda yang sebenarnya sehingga anda menyembunyikan sikap-sikap pribadi sementara menampilkan wajah lain ke hadapan dunia.

Pena ballpoint
Karena konstruksinya, sebuah pena ballpoint bisa mengungkapkan lebih banyak informasi tentang diri anda dibanding alat tulis lain.

Pensil
Mereka yang lebih suka menggunakan pensil seringkali kesulitan mendedikasikan diri pada proyek, hubungan, atau usaha apa-pun yang berlangsung dalam tempo lama. Mereka dengan hati-hati menghindari situasi-situasi dimana tidak ada jalan keluar. Mereka kesulitan dalam hubungan yang dimiliki di masa lalu, bahkan rasa takut ini mungkin membuat keluarga, teman, rekan, dan orang-orang yang anda cintai menjauhi anda.


Arah Kemiringan (Slant)
Slant ke kiri
Anda cenderung menahan diri dan tidak mempu berterus terang tentang siapa diri anda yang sebenarnya dan apa yang diinginkan dari kehidupan anda.

Slant yang tegak
Anda cenderung berpikir sebelum bertindak, berpikir sebelum mengiyakan ajakan orang lain, dan menyimpan pendapat anda sendiri. Mereka yang seperti ini sering kali adalah insinyur, perancang grafis, atau yang berada di bidang yang mengharuskan pemikiran jernih dan kreatif. Mereka mahir merangkai teka-teki

Slant ekstrim ke kanan
Anda lebih suka bereaksi daripada menanggapi. Anda begitu sibuk bereaksi terhadap orang lain dan berbagai situasi sampai-sampai nuansa berharga sring kali tidak anda perhatikan. Anda mungkin cenderung berorientasi pada penyebab dan sepenuh hati mendukung kelompok-kelompok yang anda percayai. Anda cenderung mengevaluasi orang dari yang tampak di permukaan tanpa banyak bertanya. Dalam kebanggaan hati anda, anda sering kali dibutakan oleh orang lain atau dimanfaatkan oleh orang lain
Slant yang ideal adalah slant yang sedikit ke kanan, yang mengindikasikan si penulis memiliki keseimbangan dan orang yang cenderung tidak menahan diri atau tidak meledak-meledak, tetapi tetap pada posisi tengah.


Keseimbangan Zona
Zona atas
Zona atas memuat pikiran-pikiran, kepercayaan, filosofi, dan ide-ide kreatif kita. Zona atas yang tinggi menggambarkan anda cenderung sendirian atau suka belajar, atau lebih suka memikirkan hubungan daripada berada di dalam hubungannya. Zona atas yang terlalu tinggi mengindikasikan sesorang ayng mengasingkan dirinya karena pengalaman, imajinasi, atau profesinya. Hidupnya sangat kesepian. Zona atas yang moderat (hanya sedikit lebih tinggi daripada zona tengah), itu berarti anda tidak cerdas atau tidak banyak berpikir.

Zona bawah
Zona bawah dipenuhi oleh limpahan informasi yang mengindikasikan tindakan apa yang kita ambil atau yang tidak diambil. Zona ini merupakan area aktivitas, orientasi proyek, hubungan, dan seksualitas. Anda tidak bisa menyembunyikan apa-pun di zona bawah ini. Jika zona bawah anda tergolong pendek, berarti anda sering mengalami hambatan dalam mengimplementasikan ide anda. Oleh karena itu, mulailah memanjangkan zona bawah anda.


Lup
Lup zona atas
Lup atas idealnya dimiliki oleh huruf h, l, dan f. Lup atas yang dijejak ulang (tidak ada lup) bisa berarti anda menahan sebuah bagian penting dari diri Anda misalnya ide-ide, kepercayaan, dan mimpi anda tentang kehidupan macam apa yang diinginkan.
Bila lup atas anda dilebih-lebihkan, mengindikasikan rasa takut dan kekhawatiran telah mendorong anda ke dalam dunia penuh kepura-puraan dan anda mengalami kesulitan untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Dunia yang lebih suka anda tinggali adalah dunia penuh fantasi dan imajinasi.

Lup zona tengah
Lup atas idealnya dimiliki oleh huruf a, o, d, g, dan q. Adanya garis yang menembus lup itu dalam huruf anda mengindikasikan adanya informasi tersembunyi, yaitu fakta yang secara sadar anda tutupi. Anda membuat diri anda bersalah atau malu dalam beberapa hal, hal ini selain berpengaruh pada hubungan anda dan juga berpengaruh pada kesehatan anda.

Lup zona bawah
Lup atas idealnya dimiliki oleh huruf g, q, y, j, dan f. Lup bawah yang tertahan (dikompresi) melambangkan energi yang tertahan, sesuatu yang disimpan atau penyangkalan. Lup ini juga memberi tahu bahwa penulis punya sifat pilih-pilih teman. Lup bawah yang besar mengandung arti adanya cara pemikiran yang berbeda. Sangatlah mudah mengatakan jika si penulis dnegan lup bawah besar punya banyak dorongan seksual yang ditekan, walaupun sebenarnya si penulis sudah terlalu lama mengerjakan pekerjaannya saat ini, perlu keluar dari sebuah hubungan, atau mungkin tubuhnya membutuhkan olahraga. Lup dibagian bawah yang terus-menerus pendek atau terputus-putus menandakan bahwa si penulis fokus pada pencapaian tujuan pengeluaran energi seminim mungkin, mereka tidak suka basa-basi atau berdiskusi panjang lebar, tetapi memilih pencapaian tujuan secepat mungkin.


Sudut dan Lengkung
Sudut
Sudut melambangkan analisis dan persepsi yang mengindikasikan kecenderungan ke arah atribut mental yang lebih banyak ketimbang sosial. Bila terdapat lebih banyak sudut daripada lengkung dari tulisan anda, anda mungkin berurusan dengan ide spanjang hari atau anda suka mencari fakta dan informasi, bahkan dalam hubungan yang anda miliki. Sudut di puncak zona tengah menandakan pikiran anda akan menghabiskan banyak waktu berkelana. Sudut di baseline menandakan anda suka membedah ide, menganalisi, dan menyatukannya kembali ke dalam bentuk yang sama sekali baru. Kecenderungan anda adalah  menemukan, membuat penemuan baru, dan menjadi perintis. Sudut dibagian antara zona tengah dan baseline mmelambangkan  bahwa anda bukan hanya terdorong mencari jawaban, melainkan juga menganalisis jawaban yang anda terima.

Lengkungan
Bila anda lebih punya banyak lengkungan daripada sudut dalam tulisan, anda mungkin lebih cerdas secara sosial daripada intelegensia. Garland (lengkungan seperti huruf u landai) menandakan anda memiliki sifat intuitif yang kaku dan belum mampu mengontrol diri anda, kapan saat yang tepat untuk mengulurkan tangan anda dan kapan harus menahan diri. Arcade (seperti garland terbalik) melambangkan semacam perlindungan orang tua, baik lembut maupun komplusif. Arcade yang terputus-putus di zona tengah bisa melambangkan pemikiran tradisional yang ekstrem dan kebutuhan untuk memproses informasi dengan cara terperinci selangkah demi selangkah. Arcade yang terikat erat satu sama lain mendandakan anda kurang mampu menghargai bakat-bakat anda dan mengekspresikannya dengan bebas.


Mencetak vs Menulis
Mereka yang lebih suka mencetak dengan printer adalah orang-orang yang berbakat, cerdas, dan sensitif, yang karena satu alasan lainnya, tidak secara terbuka mengakui bakat-bakat mereka. Mereka sudah terlalu lama menekan perasaan mereka sehingga mungkin sudah lupa dengan perasaan itu. Seringkali mereka bahkan tidak mampu mengidentifikasi rasa takut yang menyebabkan mereka mulai menekan perasaan itu.
Mencetak dengan huruf besar dan kecil mengindikasikan bahwa anda memiliki jiwa sensitif yang pernah dikhianati dnan tidak mau mengalaminya kembali, jadi anda berusaha berada dalam jarak yang aman dengan cara membuat batasa yang jelas seperti pagar penghalang.
Bila anda lebih suka mencetak dengan huruf balok, tidak ada pagar penghalang dalam hidup anda, namun sebuah tembok besar yang tebal dan tidak bisa ditembus. Dibelakangnya ada rasa sakit teramat, penghianatan pahit, dan kebutuhan luar biasa untuk mendapat perlindungan. Namun, apa yang ada dibalik tembok itu sering kali merupakan sebuah jiwa yang kreatif dan artistik ayng belum pernah mengekspresikan jiwanya secara autentik dan sepenuhnya. Satu lagi mekanisme yang digunakan mereka adalah tampilan luar dan berpusat pada ego. Mereka bisa sombong, angkuh, congkak, dan tidak sabaran, bahkan kasar. Sebenarnya mereka tidak seperti itu, itu hanyalah sebuah pertahan melawan siapa-pun yang berusaha mencari tahu kesedihan yang disembunyikannya.


Ligatur
Bila anda memiliki banyak ligature di tulisan, mungkin anda adalah orang yang mampu berpikir dengan cepat, orang yang bisa mengalir dari satu konsep ke konsep lainnya sembari tetap terbuka dan penuh rasa ingin tahu.


Tanda Tangan Anda
Tanda tangan anda adalah petunjuk utama pada identitas yang anda ingin dunia lihat dari diri anda. Mereka yang yakin dengan diri sendiri, bergantung pada diri sendiri, terbuka pada kehidupan, terbuka pada orang lain, dan terbuka pada ekspresi unik mereka tentang kehidupan, memiliki tanda tangan yang unik, mudah dibaca, dan jelas. Ukuran tanda tangan yang kecil menandakan anda cenderung menarik diri dari interaksi sosial dan ingin tetap seperti itu. Ukuran tanda tangan yang besar menandakan anda lebih suka bersosialisasi dan periang. Melingkari nama atau inisial anda sama saja dengan membungkus diri dalam kepompong. Membuat garis menembus nama anda sama saja dengan mencoret diri.
Sebuah garis bawah adalah tambahan sentuhan akhir yang menyenangkan buka hanya untuk tampilan melainkan juga sebuah pernyataan dari kemampuan anda untuk bergantung kepada diri sendiri dan merasa nyaman dengan menyandang reputasi buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar