Check this !!

Jumat, 12 Juli 2013

Cost



Ahlan wasahla ya ukhti, kayfa khaluki? (nah lho, nah lho, pada kagak ngertik kan?). Itu Bahasa Arab Sista, artinya selamat datang Sista, bagaimana kabar kalian? (-_-). Hehe, Raa semakin jago nge-bahasaarab (masa’ sih?) iya, setelah tiga tahun di gembleng dan di gojlok oleh Bapak Bahasa Arab kita tercinta (iyaiya assalamualaikum Bapak Drs.Makmuri). Eh, kayaknya Sista udah pada ngebling-bling pas baca judul note Raa kali ini. Ayoo yang mau tahu biaya untuk kuliah di kedokteran, tunjuk hidung (ehh !@#$%). Slow down ya Sista, insyaallah Raa bakal ngasih perincian biaya yang serinci-rincinya deh (hiperbola ih) tentunya dengan cost terbaru tahun 2013 (update gitu), tapi tetep step by step.

Sista, sebelum mau kepo lebih lanjut tentang cost biaya kuliah di kedokteran, ada baiknya Raa ngasih tau Sista dulu hal-hal mengenai kedokteran, (penting?) banget malah, ini biar gak terjadi kesalahpahaman maksud antara kita berdua (hadehh, bahasanya -,-). Sista, note yang Raa tulis ini asli berdasarkan pengalaman Raa selama menempuh pendidikan di kedokteran. Kenapa Raa perlu menekankan Program Studi (prodi) disini karena akhir-akhir ini suka timbul salah persepsi antara penyamaartian kedokteran, padahal di fakultas kedokteran itu terbagi menjadi beberapa cabang-cabang lagi lho (kayak pohon ya ^_^).

Raa ambil contoh untuk Universitas Negeri Sriwijaya atau lebih populer di panggil Unsri. Nah, di fakultas kedokteran Unsri di tahun 2013 ada lima prodi berbeda (berdasarkan subsidi UKT, UKT itu apa? Ehh, entar nanti dijelasin ya). Prodi-prodi itu sebagai berikut:

  1. Ilmu Keperawatan - S1 
  2. Pendidikan Dokter (Umum) - S1 
  3. Pendidikan Dokter Gigi - S1 
  4. Program Profesioners (Spesialis) - S1 
  5. Psikologi - S1

So, ada baiknya sebelum Sista cuap-cuap pengen masuk fakultas kedokteran, Sista kudu milih prodi yang mana dulu. Andaikata aja Sisita pilih Ilmu Keperawatan, Sista juga bisa dikatakan anak kedokteran walaupun gak jadi dokter. Kebanyakan orang sekarang udah keburu mengartikan fakultas kedokteran itu ujung-ujungnya jadi dokter, padahal kan gak selalu begitu. Tapi, untuk masalah biaya, yang pasti beda-beda per-prodi. Kalo berdasarkan rating sementara (badan survey abal-abal), yang paling tinggi masih tetap dipegang prodi pendidikan dokter. Ops, sini Raa kasih tau ya Sista, pemberian label ‘umum’ itu untuk membedakan antara prodi pendidikan dokter dan pendidikan dokter gigi.

Oke, sebelum terlambat kita jauh melangkah (ituu bukannya lirik lagu ya? LOL). Cost yang akan Raa bahas hanya mengenai Pendidikan Dokter Umum (PDU) yah, jadi yang bukan PDU muuuiiiinggiiiirr!!! (ehhe, main-main kok). Semua boleh baca juga hitung-hitung buat referensi. Biaya ini mungkin akan berbeda-beda di berbagai tempat Sista, jadi pinter-pinter Sista buat cari informasi ya.

Di tahun ajaran 2013-2014 ini, pemerintah mengeluarkan peraturan baru mengenai sistem pendidikan Sista (gak cuma buat sekolah aja, perguruan tinggi juga). Melalui Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 55 tahun 2013 pada 84 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT), maka PTN yang terdaftar akan membumihanguskan yang namanya Uang Pangkal (UP). Sista pasti udang surving kan gimana besarnya UP untuk kuliah di PDU. Denger-denger, kakak kelas Raa tahun kemarin nyampe 26 juta buat UP aja (itu-pun katanya Unsri tergolong punya biaya kedokteran yang lebih murah ketimbang universitas lain).

UKT itu kalo di sekolah ibarat kayak SPP Sista. Biaya yang mesti kita keluarkan untuk keperluan di universitas. Kalo biasanya SPP itu dibayarkan tiap bulan plus tiap satu semester, dengan UKT Sista cuma perlu bayar tiap semester aja. Dengan biaya UKT kita juga udah dapet jaket almamater lho Sista. Untuk PDU-pun UKT itu sudah termasuk uang praktek juga. Well, UKT itu cuma berlaku buat jalur SNMPTN dan SBMPTN (reguler), yang masuk lewat jalur UM (non-reguler) masih tetap dikenakan macem-macem biaya Sista. Penarikan UKT didasarkan pada kemampuan ekonomi kita (ehh, orang tua maksudnya). Pembayaran untuk UKT sendiri terbagi menjadi lima kelompok. Jadi tiap orang bisa beda-beda tergantung kelompoknya. Untuk lebih lanjut mengenai UKT, Sista bisa klik di sini Kemdikbud

Biasanya pada saat Sista verifikasi akan diminta data penghasilan orang tua, nah dari data itulah pembagian kelompok UKT ditentukan. Jadi bisa kira-kira sendiri kan bakal masuk di kelompok mana. Sista, ini pembagian biaya untuk lima kelompok UKT PDU.

Prodi
Kel.1
Kel.2
Kel.3
Kel.4
Kel.5
PDU
Rp 500.000,-
Rp 1.000.000,-
Rp 8.025.000,-
Rp 11.900.000,-
Rp 20.000.000,-


Ada satu lagi jalur yang ngebebasin biaya alias gratis-tis-tis-tis bahkan adapula yang justru di kasih uang saku, namanya program Bidik Misi. Beneran dari awal masuk Sista gak akan di kenakan UP atau UKT lagi. Tapi program ini tentunya bersyarat Sista. Program ini tentunya ditujukan bagi calon mahasiswa yang selain cerdas-cerdas juga memiliki kemampuan ekonomi yang kurang. Jadi kalo orang tua Sista udah PNS, jangan berharap lulus program ini (entahlah, padahal kan PNS gak kaya-kaya amat ya -_-).

Sista, Raa bakal ngasih list perincian cost kuliah di PDU pada tahun awal buat para mahasiswa baru (maba). Ini buat jalur Non Bidik Misi (jiah bakal ketahuan kalo ini biaya kuliah pribadi Raa). Tapi gakpapa lah, itung-itung ngebantu Sista buat berpikir. Sista juga bisa sesuaikan sama keperluan Sista yang lain misalnya ada yang nge-kost gitu.


Berhubung  di tahun Raa jadi maba berbarengan dengan diberlakukannya UKT, jadi itungan buat biaya kuliah di PDU-nya lumayan simple soalnya gak pakek UP, SPP per-bulan, dan SPP per-semester (yang namanya disebut apalaaah gitu).

No.
Jenis Biaya Pokok
Biaya (Rp)
1.
Fotokopi ATK / Verifikasi / Registrasi
50.000
2.
UKT Semester I
11.900.000
3.
Buka Rekening (Tabungan Baru)
50.000
4.
Textbook PDU
4.000.000
5.
Baju Lab
100.000
6.
UKT Semester II
11.900.000
          TOTAL (±)
28.000.000


Biaya yang tetap adalah untuk UKT, sedangkan untuk biaya lainnya bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk tahun selanjutnya Sista bisa kira-kira sendiri kan dengan mengurangi biaya nomer 1, 3, dan 5. Kenapa biaya nomor 4 tidak Raa anjurkan untuk dihilangkan? Sista, anak kedokteran itu identik dengan textbook alias buku teks kedokteran. Biaya yang satu ini yang kita gak bisa dapet subsidi UKT. Di kedokteran juga menerapkan Sistem Blok dimana mengharuskan mahasiswa lebih aktif mencari ilmu sendiri (makanya di perlukan banyak buku). Itu juga yang membuat biaya kuliah di kedokteran semakin membengkak Sista. Satu buku aja harganya ada yang sampe jutaan, tapi ada juga yang gak sampe seratus ribu sih (wah-wah T,T). So, Sista mesti nyiapin cost lebih buat textbook.

Masih penasaran apa itu Sistem Blok dan berapa sih sebenarnya harga textbook kedokteran? Sabar \(*o*)/ Terus pantengin note ini yah. Terima kasih telah membaca Sista. See you.

46 komentar:

  1. kak , kalo bkt itu gimana ? di bayar persemester juga ? atau gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk tahun kakak sekarang, BKT itu gak digunain Irani, yang dibayar sebagai uang semseter cuma UKT aja, tapi jangan lupa update terus ya, mungkin ada kebijakan baru untuk tahun kalian. terimakasih

      Hapus
  2. kak kalo pembayaran ukt tuh hanya dua semester yah?

    BalasHapus
  3. wah, itu kabarnya dapet dari mana Mey ? (pukpuk, sok kenal sama orang, jadi suka motong-motong nama *maaf)
    setahu kakak untuk saat ini UKT itu berlaku selama kita jadi mahasiswa, alias selama 3,5 tahun, kira-kira 7 semester, untuk tahun selanjutnya itu mungkin akan disesuaikan sama kebijakan. terimakasih

    BalasHapus
  4. salam
    kak kalo untuk kedokteran kuota bidikmisinya berapa ya ?
    sama kalo unutk bisa dapat UKT yang I ketentuannya apa ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai bunga,
      kuota bidik misi itu tergantung sama kebutuhan, kakak gak bisa nyebutin angka pasti yaa, soalnya peserta jalur bidik misi kan dirandom dari nasional, tapi pengalaman tahun kakak untuk bidik misi FK Unsri 2013 ada 19 orang, rinciannya 7 orang PSPD, 9 orang PSIK, 1 orang PSKG, dan 2 orang Psikologi.
      maksudnya itu UKT level 1 kan? untuk bisa dapet UKT level 1 itu gak ada ketentuannya, semua dinilai dari penghasilan orang tua pada saat registrasi, kalo cocok sama kriteria yang ditetapkan pemerintah mungkin bakalan dapet, pengalaman ditahun kakak nih kita dikasih kesempatan buat ngajuin penurunan UKT ulang dan untuk PSPD gak ada yang beneran dapet level 1, paling rendah level 2, dan kabarnya itu-pun masih diperdebatkan, alhasil level 3 menjadi level terendah UKT di PSPD (entah memang gak ada kriteria yang sesuai atau udah kebijakan)
      semoga bermanfaat, terimakasih.

      Hapus
  5. maaf kak sebelumnya , bukannya ukt itu sudah termasuk uang buku,uang semster dll ?, tapi kenapa saya liat diatas ada uang ukt dan ada uang buku ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai lagi bunga,
      iyaa, jadi UKT itu adalah besaran uang pendidikan yang WAJIB dibayarkan ke universitas, uang itu digunain untuk selutuh biaya operasional pendidikan, misalnya SPP, uang pembangunan, iuran ujian, iuran praktikum,dan lain-lain, jadi kita gak perlu bayar apa-apa lagi, nah selain dari UKT itu adalah uang opsional, misalnya uang untuk beli buku, itu gakpapa kalo gak ada, tergantung kalian mau beli buku apa gak kan nantinya, kenapa kakak masukin?? karena anak FK tanpa buku itu ..nothing!, karena sumber kita belajar ya dari buku hehe, contoh lainnya jas lab, itu perlengkapan wajib buat praktikum (kalo gak ada kita gak bisa ikut praktikum), dan itu kita beli sendiri, gak dimasukkin ke UKT.
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  6. Assalamualaikum. kak,mau tanya. pendaftaran bidikmisi itu kan senasional. jadi setelah dinyatakan masuk FK baru ikut tes bidikmisi dan nunggu pengumuman ya? terimakasih :D

    BalasHapus
  7. waalaikumussalam julia,
    setahu kakak kalo untuk jalur bidik misi itu, diseleksi nasional setelah kita milih program studi. sistemnya sama kayak SNMPTN kok, misalnya di jalur SNMPTN kan kalian bakal ngisi PDSS, masukin nilai, sama data-data, nah di Bidik Misi kalian juga bakal masukin data-data (mungkin lebih rinci terutama soal penghasilan), setelah ngisi data dan terdaftar sebagai peserta BIdik Misi kalian bakal dikasih opsi pilihan program studi dan universitas, setelah itu data yang kalian masukin akan diseleksi, kemudian baru diumumin siapa aja yang lolos seleksi ke prodi yang dipilih.
    semoga bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
  8. Kalo total biaya nya sendiri selama 3, 5 tahun (7 semester) Kalo udh dijumlah semua kira2 brapa ya? :)
    Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai melinda,
      huaaa, belom pernah ngitung tuh :O kalo UKT-nya aja kita jumlahin (misal pakek yang Rp11.900.000,-) jadinya Rp83.300.000,- itu yang wajib dibayar, tapi gak masuk biaya buku, jajan, transportasi, uang kost (kalo ngekost), uang KAS kelas (kalo ada), uang iuran organisasi (kalo ikut), dan biaya tak terduga lain yang gak bisa diperhitungkan misal hangout, main futsal, atau ngasih kado ulang tahun temen muehehe, ambil tengahnya aja deh, misal keperluan sebulan itu 1.000.000 (bukan anak kost), djumlahin jadi 42.000.000, totalnya 125.300.000, kita buletin deh jadi 130.000.000,- (bisa lebih rendah atau lebih tinggi)
      actually, gak harus langsung bayar segitu kan? yang penting aman dulu deh buat satu tahun kedepan, atau seenggaknya buat satu semseter kedepan
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  9. thankyou for your sharing, it's very usefull for me Rahma..lagi cari2 info untuk kuliah adek, oh iya..Rahma pilih kampus Indralaya atau Palembang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halloo IceMan >o<
      sekarang kita gak pakek istilah kampus Inderalaya atau Palembang, untuk tahun 2013 khususnya Prodi Pendidikan Dokter yang ada cuma Kelas A atau Kelas B. kelas A buat NIM Ganjil lokasinya di Madang (belakang RS Moh. Husein Palembang) dan kelas B buat NIM Genap lokasinya di Bukit (Kampus Unsri Bukit Besar Palembang). jadi semua kuliahnya diadain di Palembang
      semoga bermanfaar, terimakasih

      Hapus
  10. assalamualaikum kk, aku mau nanya dong nilai rata2 kakak kemarin buat masuk kedokteran berapa ?? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam izky,
      waduuh nanya nilai lagi, hahaha, mau tau aja atau mau tau banget nih?
      kalo kakak kemaren rata-ratanya gak terlalu gede sih, buat nilai rata-rata sekolah cuma 9.10 sama nilai rata-rata UN dapet 8.30. buuuut, nilai rata-rata gak sepenuhnya jadi andelan buat masuk FK lho, selain akademik kalian bakal dituntut juga dibidang nonakademik, dan satu lagi, do'a, itu komponen yang wajib ada
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  11. kak ukt itu udah termasuk uang praktek ?
    jadi dalam 1 smester kita cuman bayar ukt doang,
    selain kita harus beli sendiri buku''nya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Anonim :)
      iyaap, that's right. jadi UKT yang dibayar dalam satu semester sampe kita tamat itu sudah termasuk seluruh biaya operasional pendidikan, misalnya uang praktek, uang ujian, uang remidial, dan kabarnya termasuk uang UKDI nanti
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  12. kalo masuknya jalur USM bayarnya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo zeze :D
      kalo tahun lalu semua UKT Prodi Pendidikan Dokter Unsri dipukul rata buat semester pertama, jalur SNMPTN Rp11.900.000,- jalur SBMPTN Rp20.000.000,- jalur USM Rp28.000.000,- untuk semester selanjutanya kita bisa ngajuin penurunan UKT kalo memang merasa keberatan
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  13. kak, kalo misalnya saya keterima pengumuman SBMPTN 2014bulan 7 ini diunsri kira kira berapa yaa kak biaya uang kuliahnya gaji orang tua saya 4juta per bulan, saya daftar kedokteran diunsri, tolong dijawab yaa kakak yang baik, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai adikku yang baik, frilando :))
      keterima yaaa amin (y) kalo lewat jalur SBMPTN, tahun lalu UKT semester pertamanya dipukul rata Rp20.000.000,- buat semester selanjutnya mungkin bisa ngajuin penurunan kalo dirasa memberatkan. dari pengalaman kakak, gaji orang tua segitu bisa turun sampe Rp11.900.000,- tapi penilaian tetep sama panitianya (aduuh maaf kakak kurang tau gimana kriteria pastinya) mungkin tergantung sama biaya dan tanggungan orang tua juga
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  14. Assalamu'alaikum, ka, kalau saya boleh tanya,
    Maksudnya nim ganjil dan genap apa kak? Tempatnya sulit dijangkau atau tidak yah? Katanya ada asrama juga ya ka? Kalau fakultas kedokteran ada asramanya tidak ya? Terus peluang beasiswa di unsri bagaimana ya ka? Kalau gaji orangtua rp 7.000.000 bisa dapat cost rp. 8.000.000 tidak ya ka? Gimana ka pengalaman ospek-nya? Gimana juga ka pengalaman belajar kedokterannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai anonim >o<
      waalaikumussalam, waduuh, kamu nanya atau shopping nih? borongan gitu *candaa hehe, oke, satu-satu yaa
      - NIM ganjil-genap itu tergantung sama nomer yang kita dapet pas registrasi ulang, misal si A nomer 31 dan si B 32, berarti A ganjil dapet kelas di Madang dan B genap dapet kelas di Bukit, well itu gak terlalu jadi masalah kok, kelas-nya sama aja, itu cuma buat pembagiannya doang, dan siapa tahu buat tahun yang akan datang bakal dituker, NIM ganjil di Bukit dan NIM genap di Madang.
      - Tempat apa dulu nih? tempat kuliah maksudnya? Kalo Prodi Pendidikan Dokter dan Psikologi itu ada di tengah kota Palembang lho, transportasi dimana-mana ada, paling macet-nya doang yang jadi masalah, terus kalo Prodi PSKG dan PSIK ada di Inderalaya, transportasi juga ada, tenaaaang :))
      - FK gak punya asrama nih, jadi bagi rantauan yang mau masuk FK harus siap-siap ngekost, tapi kalo di kampus Unsri Inderalaya adaaa yang sejenis itu, namanya Rusunawa (lokasinya paling belakang kompleks universitas), biayanya kemarin 100rb perbulan, tapi itu umum buat seluruh mahasiswa Unsri dan diutamakan bagi anak rantauan dan gak punya biaya lebih
      - Peluang beasiswa di Unsri banyak kok, kamu coba kepoin aja di web resmi unsri, jadi sekarang gak ada alesan gak kuliah karena gak ada biaya (y)
      - Pengalaman kakak, untuk kisaran gaji 7.000.000 dapetnya yang 11.900.00 sih, tapi kakak gak berani pastiin yaa (kaan kakak bukan panitia verifikasi UKT hikshiks), itu juga tergantung sama tanggungan orangtua dan biaya-biaya lain yang dikeluarkan
      - Kalo di FK, Ospek berubah nama menjadi PKK (Pengenalan Kehidupan Kampus), kamu -- mau tau aja atau mau tau bangeeet?? satu kata deh AMAZING, nanti rasain sendiri yaa haha
      - Belajar di kedokteran itu harus siap fisik dan mental, kalo ada yang bilang berat yaa berat sih tapi tetep mesti semangat dong, kan mau jadi dokter, taruhannya sama keselamatan orang, makanya mesti belajar ekstra keras dibanding anak-anak lain, pokoknya kalian yang masuk di kedokteran bakal nemuin sesuatu yang extraordinary lah, dinikmatin aja apapun yang terjadi *triple hahaha
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  15. Assalamualaiku wr.wb.

    Kak apa tahun 2014 ini juga Pendidikan Dokter di UNSRI kuliahnya di kampus Bukit dan Kampus Madang , diberlakukan NIM GENAP GANJIL ?
    saya dari JATENG alhamdulillah diterima di Kedokteran Umum.
    sebaiknya kost di daerah mana ya Kak?
    Terima Kasih.

    Was wrwb

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam erika :)
      congratulation yaa dek, welcome to medicine jungle hehe. kalo kebijakan tahun ini kakak belum dapet kabar pastinya, tapi kalo lihat sikon ruangan, kayaknya semua maba PSPD bakal ditempatin di kampus Bukit dulu deh untuk satu semester kedepan sambil nunggu kakak 2011 kita coass di rumah sakit, jadi saran kakak coba kamu cari kost di daerah bukit untuk periode bulanan jangan pertahun, buat jaga-jaga aja, ntar kalo dapet di Madang baru pindah kost. tapi banyak juga kok yang kost di daerah bukit tapi kuliah di Madang, jarak Bukit-Madang gak terlalu jauh sih, transportasi juga banyak, jangan khawatir hehe
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  16. Assalamualikum wrw.b
    Kak Raa, apakah banyak tugas tugas nya? Tugas kelompok juga sering?
    Soalnya anak kost yang gak punya kendaraan sendiri tentunya harus mencari teman kelompok yang kost nya berdekatan tentunya akan lebih baik.
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam Erika :)
      selama kakak ngejalanin kuliah di Pendidikan Dokter, tugas khusus dari dosen termasuk bisa diitung pake jari apalagi kalo tugas kelompok. Tergantung gimana kita "memaknai" tugas sebenernya, karena kalo kalian udah berkecimpung disini alias jadi anak FK, pasti adaa aja tugas tiap hari khususnya yang berhubungan sama akademik. kita tetep ngikutin perkembangan zaman kok, jadi tempat yang jauh dan kendaraan udah gak bisa jadi alasan lagi hehe
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  17. Assalamualaikum
    Kak, kalo lewat jalur usm 28.000.000 itu untuk pembayaran diawal semester aja atau seterusnya? Kira2 bisa turun gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam rizka :)
      UKT (Uang Kuliah Tunggal) merupakan uang kuliah yang kita bayarkan persemester selama kita menempuh pendidikan di universitas. kalo sistem administrasi perkuliahan dulu biasanya ada beberapa biaya yang mesti kita bayar, seperti Uang Pangkal, Uang Pembangunan, & SPP. nah, dengan UKT, kita cukup membayar persemester aja, tanpa Uang Pangkal dan uang lain-lain. dibayarkan persemester selama kita menjadi mahasiswa.
      kalo untuk penurunan UKT, tergantung sama proses verifikasi yang kamu lakukan, apakah kamu (orang tua) dinilai sanggup dengan nominal UKT. tapi biasanya di awal pendaftaran jalur USM, kita udah bisa lihat nominal UKT yang mesti dibayarkan, dan peserta USM yang mendaftar dianggap telah "mengerti" dan setuju nominal UKT yang tertera.
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  18. Assalamualaikum kak :)
    Kak kalo boleh tau, kampus psikologi unsri cuma ada di indralaya atau di palembang jg ada kak? *kalo ada kasih tau yah kak dimana hehe
    terus perkiraan biaya semesternya prodi psikologi berapa kak?
    Dan ada perbedaan ga kak untuk biaya semesteran bagi yg lulus dari SBMPTN dan USM ?
    Mohon infonya yah kak. Makasih sebelumnya kak :) maaf borongan nanyanya kak. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam windy :)
      okey, kakak coba jawab satu-satu yaa
      - untuk sekarang, lokasi perkuliahan Program Studi Psikologi FK Unsri masih bertempat di Zona F Kampus Inderalaya
      - UKT Prodi Psikologi menyesuaikan kebijakan, untuk terupdatenya (tahun 2015 ini) yaitu Kelompok (1) 500.000; Kelompok (2) 1.000.000; Kelompok (3) 3.350.000; Kelompok (4) 5.625.000; Kelompok (5) 6.600.000; Kelompok (6) 7.500.000; Kelompok (7) 8.950.000; Kelompok (8) 10.400.000
      - untuk perbedaan UKT jalur SBMPTN & USM, jelas ada, tahun ini mahasiswa jalur SBMPTN dipatok UKT Kelompok 8 (Rp 10.400.000,-) dan untuk jalur USM dipatok UKT Rp 12.000.000,-

      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  19. Fadhillah Taradiba21 Juli 2014 pukul 09.09

    Assalamualaikum kak, kak numpang nanya. Untuk tahun ini Pendidikan Dokter yang masuknya lewat jalur USM itu ada 3 UKT;
    1. BOP : Rp. 200.000.000 (Dibayar sekali pada saat masuk)
    2. Preklinik : Rp. 30.000.000 / semester
    3. Klinik : Rp. 45.000.000 / semester
    itu gimana ya maksudnya? Kurang jelas kak. Makasi banyak ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo fadhillah :)
      jadi, untuk dua tahun terakhir ini, ada kebijakan baru perihal penerimaan mahasiswa jalur USM khususnya untuk Prodi Pendidikan Dokter Unsri
      mahasiswa yang diterima di Prodi Pendidikan Dokter (PSPD) jalur USM diwajibkan membayar BOP (Biaya Operasional Pendidikan*) setelah diterima menjadi mahasiswa. BOP ini hanya dibayarkan sekali, saat di awal masuk. selanjutnya, mahasiswa PSPD mengikuti kebijakan UKT seperti mahasiswa prodi lain.
      untuk UKT Preklinik & Klinik ituu emm penjelasannya begini... perkuliahan di PSPD terdiri dari 2 tahap, yaitu tahap Preklinik (sarjana = 7 semester) dan tahap Klinik (koasistensi = 5 semester), total waktu pendidikan yang bakal dijalanin adalah 12 semester (6 tahun), jadi, selama menjalani perkuliahan sampai selesai, kita tetap mengikuti aturan UKT untuk pembayaran biaya pendidikan
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  20. assalamualaikum kak, sering denger katanya kalo mau kuliah dokter itu harus beli mayat ya kak? trus biaya buat beli mayatnya itu gimana kak? makasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam anonim ^^
      waah, berita dari mana yaa itu hehehe.
      selama kakak menjalani perkuliahan (sampe sekarang), kakak belom pernah beli cadaver (mayat). karena prosesnya juga tidak sembarang jual-beli kayak kita beli buku hehehe, cadaver sebagai guru dan sarana belajar menjadi tanggungjawab pimpinan fakultas (dekanat) dan atau bagian anatomi di instansi pendidikan kedokteran.
      tapi terus diupdate yaa, mungkin nanti bakal ada kebijakan baru
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  21. Kk, aku mau nanya nih, kalo farmasi unsri itu di kampus mana? Trs ada program profesinya (Apt) gk? Unsri itu ada asrama nya gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo ardiana :)
      kalo di Universitas Sriwijaya sendiri Prodi Farmasi masuk ke dalam Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Lokasi kampusnya ada di Inderalaya dan Palembang (tergantung jalur & kebijakan). untuk program profesi, waah sejujurnya kakak kurang tau hehe (maaf yaa, soalnya ini bukan termasuk ruang lingkup kakak)
      mengenai fasilitas tempat tinggal di Unsri sendiri (seperti yang kakak jelasi sebelumnya, ada. tahun ini ada tiga pilihan fasilitas tempat tinggal untuk mahasiswa, yaitu Apartemen, Rusunawa, & Asrama, lokasinya di kampus Inderalaya, dengan biaya dan kebijakan yang berbeda tergantung dari pilihan
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  22. Kkak brp biaya persemester pendidikan dokter gigi di unsri yang dari jalur sbmptn?

    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal melani :)
      untuk tahun ini UKT Prodi Pendidikan Dokter Gigi jalur SBMPTN dipatok untuk kelompok 8 sebesar Rp 11.000.000,-
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  23. kak bagaimana rincian biaya kedokteran umum dan kedokteran gigi yang jalur usm??? apa biayanya sama dengan sbmptn seperti biasa? kalo beda bisa kasih rincian biayanya kak yang jalur usm khusus untuk kedokteran dan kedokteran gigi? makasi kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo samuel :)
      seperti penjelasan yang udah kakak kasih di komentar temen kamu diatas, biaya pendidikan jalur SBMPTN berbeda dengan jalur USM.
      dua tahun terakhir ini Unsri memiliki kebijakan baru mengenai biaya pendidikan Prodi Pendidikan Dokter (PSPD). biaya yang menjadi tanggungan adalah sebagai berikut;
      1. BOP: Rp. 200.000.000 (dibayar sekali pada saat masuk)
      2. UKT Preklinik: Rp. 30.000.000 / semester (program sarjana, selama 7 semester)
      3. UKT Klinik: Rp. 45.000.000 / semester (program koasistensi, selama 5 semester)
      rincian biaya lain-lain, bisa kamu lihat di postingan kakak sebelumnya dan komentar yang udah diterbitin ya.
      sedangkan untuk biaya yang menjadi tanggungan mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Gigi (PSPDG) adalah UKT sebesar Rp 13.200.000,- (tanpa BOP), ditambah biaya-biaya kehidupan seperti mahasiswa lain.
      semoga bermanfaat, terimakasih

      Hapus
  24. Assalamualaikum ka
    Ka emg klo masuk jalur snmptn sm sbmptn beda ya ka uktnya? Trus buat yg jalur sbmptn yg 20 jt itu wajib ya ka? trus klo cadaver disana disiapin apa kita nyari sendiri ka? Satu lg ka hehe seberapa penting sih ka b.ing difk selama kk disana? Makasi ka

    BalasHapus
  25. kak, daya tampung yang ada di website-website gitu untuk jalur sbmptn aja atau semua jalur?

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum ka..
    kak maaf nih ngerepotin. Saya mau tanya dikit nihh. Orang tua saya gaji perbulannya Rp.2.000.000, kalau saya masuk FK terus sistem pembayaran UKT nya gimna ya? Atau berapa ya? Mohon di jelaskan.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  27. Kak mau tanyaa, kalo masuknya lewat sbmptn itu ada uang bop 200.000.000 jt juga gak seperti usm?

    BalasHapus