Check this !!

Senin, 08 Juli 2013

Past



Hallo Sista, gimana kabarnya hari ini? Ada yang masih galau karena mikirin mantan mungkin, atau ada yang masih gak bisa lepas dari masa lalu? (T.T) Sista, semua orang itu gak akan bisa lepas dari yang namanya masa lalu, so Sista jangan pernah lupain masa lalu karena masa lalu itu merupakan bagian dari sejarah hidup kita yang membentuk masa depan kita (u,u Raa sekarang udah nambah wise yaah). Tambah bagus kalo Sista bersikap arif dan bijaksana dalam menghadapi masa lalu, maksudnya Sista ambil sisi positifnya dan buang jauh-jauh sisi negatifnya (setujuuuu!!!!).

By the way, ngomongin masa lalu, Raa juga gak lepas dari masa lalu. Raa bakal share sedikit perjalanan Raa sebelum jadi maba alias mahasiswa baru (ehhe, itu bukannya promosi yaa LOL). Tapi juga gak dari kecil dong (jiaah, panjang banget), dari yang paling deket aja. Sista tepat, SMA. Kebayang kan gimana wajah imut Raa masih pakek seragam SMA (-_-).


Raa diterima di SMA Negeri 4 Palembang Sista (2010-2013). Sekolahnya memang agak di pinggir kota sih. Sista tahu Plaju? (dimanaa?) Ituu yang di daerah Seberang Ulu II (maaf-maaf yang mana?) Yang ada Pabrik dan Komplek Pertamina-nya (Ohh, yang itu) Sista tahu? (ehhe, gak tau) Ciatciatciatciat >,< oke kita lupakan.

Alhamdulillah Sista, Raa diterima lewat jalur (dulu) PMPA alias Penelusuran Minat dan Prestasi Akademik. (Jadi Raa itu anak yang berprestasi ya?) Ah, gak juga Sista, waktu itu kebetulan berkas Raa nyelip, mungkin gak sengaja keterima /(*o*). Sama kayak Sista, Raa juga pernah ngalamin asem-manis-pahit-asin-gurih-umami (umami? u,u  Lupakan!). Raa juga siswi biasa yang pernah hidup (-_-). Yang juga ngalamin masa puber kayak Sista.


Next, Raa dulu masuk di kelas X1 (kelas unggulan ya Raa?) Hah, bukan Sista, semua kelas sama kok, tapi Raa gak tau kalo nanti aturannya di ubah. Waktu MOS Raa kepilih jadi Queen-nya (hah, penting gitu?) yaa gak juga sih LOL. Raa ikut ekstrakulikuler Paskibra Sista. Raa juga gak tau kenapa bisa ikut eskul yang katanya lumayan keras itu. Pernah juga ngerasain gimana di pushup-in senior, di hukum, di jemur (u,u beneran sampe item), tapi yang paling penting kita jadi lebih disiplin, cekatan, dan patuh Sista (Oke, Raa gak nyaranin Sista ikut eskul Paskib ya, pilih yang sesuai sama minat Sista aja).

Kalo yang itu Raa sebut zaman penjajahan Sista -_- Gimana gak, rambut Raa mesti dipotong pendek tiga jari dibawah telinga, ditambah pas udah jadi Capas (tanya anak Paskib aja ya tentang istilah itu) Raa pakek kuncit dua plus pita merah-putih plus lagi gak boleh pakek poni (kebayang gimana jenong-nya jidad Raa). Anak Paskib juga gak boleh pakek aksesoris. Jam, pita, kalung, gelang, anting, bahkan pin-pun bakal kena razia sama senior. Katanya kita harus menampilkan kesan sederhana dan gak boleh menunjukkan perbedaan status sosial antara sesama anggota. Untuk yang cowok yah gak usah ditanya Sista, anak cowok yang ikutan Paskib (zaman Raa dulu) paling banyak di gila-gilai cewek-cewek seantero sekolah (Bagi brotha yang pengen punya banyak fans cewek, buruan masuk paskib!). Tapi yang cewek juga gak kalah cakep kok (ehhe, mau bela diri sendiri). Baru di kelas XI Raa agak merdeka haha (eh, maaf-maaf kalo ada kakak senior yang baca note ini, note ini agak di dramatisir kak LOL).

Sista, di kelas sebelas Raa ngerasain kayak menemukan keluarga baru yang bener-bener deket (bahkan sampe sekarang masih suka kumpul bareng). Raa dulu duduk di kelas XI IPA 3 atau kita sering panggil LasVegas. Banyak kisah asemmanis yang Raa laluin disini, plus gimana kita bareng-bareng menuju ke arah titik puber yang paling puber (u,u majas metafora). Raa juga pernah ngerasain gimana rasanya cekcok sama temen, terus kita maaf-an dan jadi temen baik sampe sekarang. Raa juga ngerasain gimana saat hati Raa deg-degan pas naksir cowok (jiahh, Raa punya hati juga? pukpukpuk ). Saat kita juga harus milih salah satu diantara dua pilihan yang sulit. Saat kita jadi tumpuan banyak orang. Wah, Sista pasti pernah ngerasain kan? Kalo belum pernah, tunggu aja, semua teen juga bakal ngerasain kok. Oh iya, Raa juga pernah mengalami kegagalan kok, banyak malah. (Sebutin dong Raa) Gak usah disebutin deh, ane maluuu tauu. So, Sista jangan pernah takut gagal ya. Kegagalan itu bagus kok (walaupun gak bisa dimakan). ‘o’


Nih Sista, di kelas duabelas yang super deg-degan. Sista jangan cuma mikir kalo kelas duabelas itu temanya UN melulu u,u kita juga harus punya tema lain (Lho?). Iya Sista, memangnya hidup kita cuma sampe di UN, gak kan, itu yang membuat kelas duabelas terasa seperti kelas yang paling galau. Galau mencari jalan ke depan, galau mencari sekolah lanjutan, galau mencari uang, dan galau mencari temen-temen galau yang lain (LOL).

Raa duduk di kelas XII IPA 3 Sista, atau nickname-nya Twist (penghuninya dipanggil Twister). Walaupun para Twister bareng-bareng gak nyampe satu tahun full, kita juga tetap menjaga kesolidan lho. Yaa, meski juga kadang ada cekcok dikit (biasalah, cekcok itu bumbu kehidupan, kalo gak cekcok jadi gak sedep, setujuuuu!!). Mulai dari sibuknya belajar sampe penet buat prepare UN (UN tahun Raa pertama kali yang pakek 20 paket Sista, gimana kita gak galau tuh). Yang nangis bareng karena capek, yang ketawa bareng karena udah mulai stres (wuih, jadi takut), yang serba sibuk browsing di internet soal ini soal itu banyak deh. Satu lagi yang paling wajib itu keluar-masuk ruang BK (haha, guru BK bakal sibuk banget pas deket-deket UN sama SPMB). Iya lah Sista, info itu dikejar, info itu gak bakal dateng sendiri.



Prepare UN udah, jangan lupa mendekatkan diri ke Yang Kuasa ya Sista, kan manusia yang berusaha Dia yang menentukan. Nah ini juga jangan sampe lupa Sista, prepare buat masuk perguruan tinggi. Usahain jangan sampe Sista berhenti di SMA aja. Iya sih, walaupun kodrat wanita itu dapur sumur kasur, tapi akan lebih baik kalo kita bisa menjadi super girl (bukan buat angkat-angkat truk atau membela kebenaran Sista). Banyak kok contoh-contoh wanita yang sukse Sista (being the one!). Dan alhamdulillah kita lulus sista :D

Ini cuplikan ehh salah, ini potongan email kelulusan yang Raa terima Sista. Walau nilai UN Raa agak-agak gimanaaa itu (gak perlu di posting deh).


Raa juga sempet galau MAXIMAL pas ditanya mau lanjut kemana Sista. Raa belum punya cita-cita (Lho?). Sebenernya cita-cita Raa banyak mau jadi guru, jadi pilot, jadi pramugari, jadi pegawai bank, jadi dokter, jadi pegawai BUMN, jadi istri pengusaha, jadi orang kaya, sampe pengen jadi pengamen juga pernah (beneran?). Semua cita-cita punya resikonya masing-masing Sista. Dan yang Raa lakuin? Ikutin alur Sista, kemana dunia akan membawa Raa (_dramatiz_).

Raa coba-coba ikut jalur USMI PMP Diploma III IPB Sista, dan alhamdulillah diterima di Managemen Informatika. Raa juga ikutan USM PMP Politeknik Sriwijaya, alhamdulillah juga diterima di DIII Teknik Kimia. Nah, ditahun Raa juga ada perubahan sistem penerimaan perguruan tinggi untuk yang sarjana Sista, let me teel you.

    

Di tahun 2013, Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru mengalami perubahan Sista. Ada beberapa jenis dan dengan ketentuan masing-masing, Raa kasih summary ya. Eh, yang Raa maksud ini buat universitas negeri ya Sista.


SNMPTN 
Singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Biayanya gratis (kecuali ongkos buat ngurus-ngurus berkas LOL). Kalo Sista ikut seleksi ini, Sista bakal berhadapan dengan siswa nasional alias seluruh Indonesia. Kalo dulu penerimaan berkas calon mahasiswa ini berdasarkan akreditasi sekolah, sekarang semua siswa boleh ikut (kebayang kan gimana saingan Sista). Nah, penerimaan siswa melalui jalur ini bisa sampe 60% dari total siswa yang diterima di perguruan tinggi. Nanti Sista bakal di kasih dua optional buat milih perguruan tinggi mana yang Sista pengen. Masing-masing perguruan juga Sista dikasih dua pilihan prodi (program studi). Jadi total ada empat prodi yang Sista bisa pilih. Nah, seteleh itu kita melakukan verifikasi nilai secara ONLINE untuk di seleksi, yang di masukkin itu nilai rapor dari semester I-V Sista (jadi usahain nilainya bagus-bagus ya jangan sampe ada yang gak tuntas). Sekedar saran dari Raa, akan lebih baik kalo Sista pilih satu univeritas saja sebagai prioritas, soalnya rata-rata universitas itu gak mau dinomer duakan Sista, dan hasil survey juga yang banyak diterima itu dengan pilihan satu universitas. Tapi balik lagi ke Sista, makanya Sista banyak-banyak cari info deh (dari temen, dari guru, atau browsing juga bisa).

SBMPTN 
Singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Biayanya tergantung dari berapa banyak pilihan prodi yang Sista pilih, mulai dari 100 ribu sampe 175 ribu. Setahu Raa, yang ikutan jalur ini akan mengahadapi serangkaian tes Sista, mulai dari Madas alias matematika dasar, Kimia, Fisika, Biologi, dan lain-lain. Dan, namanya juga seleksi bersama, seleksi ini diadakan serentak di seluruh Indonesia. Penerimaan mahasiswanya kurang lebih 25% (agak lebih sedikit dari jalur sebelumnya), so Sista yang ikut jalur ini mesti ekstra kerja keras. Raa agak kurang info kalo soal yang ini, soalnya perjuangan Raa cuma sampe yang SNMPTN Sista (dimaafin yaa).

UM 
Singkatan dari Ujian Mandiri. Ujian ini diadakan per-universitas. Biasanya ada julukan sendiri untuk penerimaan ini, misalnya di Universitas Indonesia namanya SIMAK UI, kalo di Institut Pertanian Bogor namanya USMI, dan lain-lain Sista. Biayanya juga beda-beda Sista, ada yang 100 ribu, 200 ribu, dan sebagainya. Sista bakal ikut tes lagi, sama seperti jalur sebelumnya. Penerimaan mahasiswanya kurang lebih 15%. Untuk lebih lengkap, Sista banyak-banyak kepo sama universitasnya deh (kepo kan gak dosa dan gak bayar).



Next Sista, lanjut ke cerita Raa tadi ya. Raa ikutan jalur SNMPTN 2013 Sista. Kemaren Raa juga sempet bingung mau ngambil jurusan apa. Setelah berkonsultasi kesana-sini akhirnya diambilnya keputusan ini. Bukan maksud gak yakin sama pilihan sendiri. Tapi ada baiknya kita mempersiapkan segala kemungkinan terburuk andaikata kita gak diterima. Raa udah siap-siap mau ngambil yang Teknik Kimia tadi lho. Soalnya kalo dilihat dari sistem dan siangan untuk jalur itu, agak luamayan memberatkan Raa sih, maklum Raa kan gak pinter-pinter amat di sekolah.


Dan jrrreeeeng, suatu kesempatan yang diberikan Allah SWT supaya Raa bisa nyicip pakek baju putih. OMG!! Rasanya pas tahu kita lulus itu nge-FLY banget apalagi kalo lulus di kedokteran yang kata orang lumayan wOw (maaf agak alay). Bukan berarti kita mesti sombong Sista, perjalanan di depan masih sangaaat sangaaaaat jauh. Bakal berliku tajam dan gak mulus. Ini baru titik tolak-nya (dilebih-lebihkan dikit biar seru).

            So, Sista jangan pernah berhenti bermimpi. Impian itu awalnya dari mimpi. Kalo mimpi aja Sista takut, gimana Sista bisa dapet impian. Pantengin note Raa terus ya Sista, terima kasih telah membaca, see you. (oops, gambar di bawah ini termasuk siklus metamorfosis Raa Sista) ^_^

1 komentar: