Check this !!

Selasa, 24 Desember 2013

Pesen-Pesen Kating *ekhem



Ahooy semuaaaa :D pada kangen gak? Kudu kangen dongss. Mana terakhir Raa posting itu pertengahan Juli kali ya (-_-)” jadi kudet-kudet gitu deh. Gapapa, yang penting nih blog kan kagak basi (yeeh, dikira nasi kali bisa basi).
Well, apa kabar sista? Gimana aktivitasnya? Yang sekolah yaa kudu sekolah rajin-rajin biar cepet lulus, yang lagi kuliah juga kudu rajin-rajin. Rajin-rajin nyari temen buat nyontek pas ujian, rajin-rajin nyerching kakak tingkat biar jadi gebetan, rajin-rajin makan biar kagak sakit, dan rajin-rajin yang lain. Kenapa mesti rajin? Karena rajin itu ekuivalen dengan teratur yang bisa ditarik persamaannya dengan cepat yang sinonim dengan gesit. Contohnya, kalo sista mau nyercing kakak tingkat, kudu rajin alias gesit, biar gak kena tilep sama temen. LOL (curcol abissss)
Happy Brand New Day :))) Congratulations buat diri sendiri yang RESMI udah jadi mahasiswa (buat sista juga yang ntar nyusul). Dan ternyata, jadi mahasiswa itu gak semudah nyebutin namanya. Akan ada kejutan-kejutan yang gak bakal sista sangka dateng ngampirin. Doesn’t matter it’s good or not. Mulai dari tumpukan assignments (baca: tugas), laporan praktikum, prepare ujian yang waktunya singkat banget, gak sempet nonton drama korea, gak sempet nonton acara-acara gosip, sampe gak sempet hangout.
Ada beberapa panduan yang kayaknya dibutuhin maba-maba di kampus biar kagak kocar-kacir (cuit-cuit ceritanya udah jadi konsultan mahasiswa). Ehh -_- bukan panduan sih, ceritanya cuma pengalaman aja, ntar sista tarik sendiri kesimpulannya. Harap dimaklumi ya kalo ada kata-kata yang ngelantur (soalnya akhir-akhir ini Raa gak sempet curhat sama temen, mungkin kalo ada “sela” Sista bakal ngebaca tulisan yang agak didramatisir). Ops, kebanyakan mukadimah yaa? Oke, check it out !

TIDUR
Kenapa tidur jadi prioritas utama? Sista, kalo kalian masuk di fakultas kedokteran dan bener-bener “nikmatin” kuliah kalian, kalian bakal jarang ketemu sama si princess ini. Kisah asli Raa nih. Kan ada jeda waktu sehari setelah ngampus. Mana materinya (menurut Raa) lumayan padet lah, jadi waktu itu dapet undangan dari temen resepsi nikahan kakaknya dia (kondangan maksudnya -_- kan dibuat bahasanya biar agak keren dikit). Abis itu temen-temen pada ngajakin hangout, biasaaa kan cewek hobi hunting-hunting gak jelas gitu, dan biasanya juga Raa selalu meng-“iya”kan ajakan temen (apalagi sahabat coy), kali itu, detik itu, spontan aja bilang “gak bisa” karena apa? Karena terlalu capek, jadi mau istirahat, mau tidur.
Yap. Itu jujur lho. Satu kebutuhan yang dulu Raa sia-siain aja (kan gak tau kalo mau masuk kedokteran). Sekarang itu bener-bener dibutuhkan. (Mendramatisir ya?) yaa gitu deh. Saking langkanya tuh barang (>>tidur) sampe-sampe mesti dicicil, sejam-duajam, lumayan. (Lho, kok sampe gak tidur sih?) stok alesannya gak bakal habis bahkan kalo dibuat urutan A-Z. Yang paling parah, pernah 4 hari berturut-turut gak tidur sama sekali saking padetnya jadwal. Maaf deh, jadi curhat mulu nih dari tadi. Intinya buat jadi mahasiswa itu, kudu pinter-pinter ngatur waktu. Cukup Raa aja deh yang gak tidur sampe 4 hari berturut-turut *forgot that.
Iyaa, di blok-blok awal kayak blok 1 dan 2, kita masih bisa lah nyantai, hangout, kencan (*ekhem), nonton tivi, boci (bobo ciang) plus sederetan lain yang diblok selanjutnya akan semakin langka, jarang ditemui. Jrreeng, sudah masuk di blok 3 dan 4, WOW, bisa tidur cukup 8 jam aja udah alhamdulillah. Kita bakal sibuk sama ngebaca IT yang rata-rata bahasa inggris semua, parktikum bolak-balik Palembang-Inderalaya, *ketinggalan satu, juga buat laporan, yang ditulis pakek tulisan tangan, yang mesti pakek kertas double folio bolak-balik, yang panjang tulisannya LUMAYAN. Thats all.
 

BELAJAR RUTIN
Nah, ini nih yang agak susah dijalanin sama maba-maba (*nujuk diri sendiri juga). Ada aja alesan buat gak belajar rutin, maunya nyantai-nyantai dulu sejam-duajam-tigajam, ampe ketiduran dan gak semper baca IT. (Kayaknya baca IT jadi bahan yang wajib banget ya Raa?) BETUL-BETUL-BETUL! Kita kudu wajib harus baca IT sesudah atau sebelum dosen ngasih materi. (Kenapa?) Karena kita bakal nge-zonk banget kalo kita gak tau sama materi apa yang bakal kita pelajarin. Kita gak pernah bisa nebak kejadian kedepan gimana. Bisa aja saat kita udah ngatur plan lusa kosong buat baca IT, tiba-tiba aja ada IT dadakan lain. Dan kita sama sekali gak ngebaca IT sebelumnya. Gitu-gitu terus sampe pas masa-masa “menyenangkan” ujian dateng. Akhirnya kita cuma bisa bilang “aduuuh, gue kagak siap bener ujian, perasaan baru kemaren belajar ini, dosennya juga ngajarnya gini-gini” -_- Kalo udah kayak gini kan, bisanya cuma nyalahin keadaan, nyalahin dosen, padahal aslinya memang salah sendiri kenapa nyia-nyiain waktu. (*tanpa sadar ngangguk-ngangguk kepala).
Nah, kalo kalian udah ngerasa cara belajar kalian kayak gitu, yuuk sama-sama kita berubah, kalo firasat Raa sih (ckckck, penghujung 2013 hobi banget main firasat-firasatan) kita bakal terus keteteran dan kebiasaan sampe blok akhir kalo kita gak ngubah itu dari sekarang. Emang susah bingit sih buat ngubah gitu-gituan, namanya juga bawaan kan, di paksa-paksain juga bakal balik lagi “ngeleletin” waktunya. Iya, itu alesan buat orang yang gak punya keberanian dan gak pernah nyoba. Kita bukan tergolong orang-orang kayak gitu kan? Jadi kita mesti berubah! (powerrangers ninja storm meraaaaah) wkwkwk :D



REFRESHING
            Nah, ini nih, ini nih. Nih pasal kadang disalahartiin sama maba-maba. Pengennya liburaaaan mulu. Belajar dikit liburannya panjang. Belajar panjang liburannya supeeer panjang kayak gebrong kereta api. Cyeeilleh, liat-liat juga dong kapan mesti refresing, refresing juga kan ada aturan mainnya. Baru juga baca Campbel, sepuluh menit, refreshing nonton tivi-nya tigajam (-_-)” namanya sama aja bro, ngaku gak hayoo ngaku ?!!
Refresing itu butuh sista, buat ngebalancin keadaan pikiran kita yang rada-rada jenuh. Kadang-kadang saking tebelnya materi yang kudu kita baca, kita bakal ngeluh sampe-sampe apa yang kita baca itu gak bisa masuk lagi ke otak. Atau saat kita udah belajar maksimal terus ada aja sela kita ngerasa capek. Yang paling rasional biasanya refreshing itu sudah disediain kan waktunya, ituu tuuh di weekend. Nah, itu harus dimanfaatin sebaik-baiknya, jangan sampe kebanyakan, jangan sampe gak diambil juga. Bahaya lho, pernah denger kan, kasus mahasiswa kedokteran yang jadi gila gara-gara kebanyakan materi yang mesti dipelajarin? Sista gak mau kan? Kalo Raa mah, uuuuhhuu, jauh-jauh deh >_<
 

BERDOA
Kita semua udah tahu kalo kita di bumi diciptakan sebagai khalifah, kita juga cuma pengelana sementara, jadi setelah semua usaha terbaik udah kita lakuin, hasilnya tinggal pasrahkan pada Allah SWT. Jangan lupa untuk selalu beribadah dan tawakal agar kita semakin didekatkan dengan cita-cita dan menjadi dokter yang baik dan berguna bagi sesama, amin, insyaallah.

Oke deh, gitu aja pesen-pesen dari kakak tingkat kalian ini *Raa ngerasa udah tua banget, padahal baru aja dua minggu lalu ngerayain ulang tahun ke-18 (opss curcol, modus mau minta kado >.<). Intinya jaga diri masing-masing aja kalo kalian udah masuk di “rimba kedokteran”, akan ada hal-hal yang gak disangka bakal kalian hadapi. Itu bisa saja sangat menyenangkan, mengejutkan, menegangkan, dan membahayakan, jadi WASPADALAH, WASPADALAH !! (*lho??). Yaudah deh, semoga note ini bisa ngebantu-bantu dikit (ngebantu apaan coba -_-), biar sista kagak buta-buta amat pas udah masuk di kedokteran wkwk :D Terima kasih udah baca, see you in the next crazy posting, byee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar