Check this !!

Minggu, 03 Agustus 2014

CHERRY



Jimmie
“hai..”
“hai..”
            Sapa cewek itu sekali lewat. Dia berjalan tenang menuju pohon rindang kebun sekolah. Ia duduk dibangku, menyalakan ipod dan membaca buku yang tadi dipegangnya. Anis. Cewek yang barusan nyapa gue tadi. Satu angkatan sama gue. Pertama kali ketemu dia, saat MOS tahun lalu. Waktu itu gue hampir pingsan gara-gara lupa bawa makan siang, terus Anis nyodorin gue sekotak buah cherry. Awalnya gue nolak, gue butuh nasi!! teriak gue, ntar kita cari nasi ya, sekarang lo  makan yang ini dulu buat ngeganjel perut, dengan lembut bahkan tanpa ada niat Anis ngebales teriakan gue.
            Dia ikut eskul sastra, dia bilang, dia punya cita-cita jadi penulis terkenal kayak J.K. Rowling atau penulis cerita cinta legendaris William Shakespeare. Yang cerita mereka bisa mematung abadi, dikenang sepanjang masa. Sementara gue, yaa, dengan bangganya memperkenalkan diri sebagai ketua baru tim basket putra kesayangan sekolah. Tapi gue gak mencita-citakan basket sebagai masa depan gue. Bisa dibilang, cuma hobi gue dari dulu.
            Sekarang kita beda kelas. Tapi komunikasi kita lancar. Gue gak pernah gak mandangin TL dia di twitter. Gue juga paling sering ngasih dia ‘love’ mark di path. Atau kalo lagi iseng, kita suka chatting pakek line, walaupun isinya cuma spam doang. Padahal, kalo boleh jujur, gue berharap bisa sekelas sama dia, lagi.
“aduuh”
            Bahu gue malang. Beneran sakit saat sekelebat bayangan tiba-tiba menabrak bahu kanan gue. Ulah siapa lagi. Dia noleh ke arah gue dengan ogah-ogahan, mungkin karena dia denger gue meng-aduh. Atau mungkin sengaja, biar gue kepancing buat nonjok muka dia.
“ops.. buru-buru..”
            Habit. Innocence. Tanpa maaf. Dengan wajah belagu yang bikin kesel. Dia pasti sadar gue mandangin dia dengan tampang sengaja dibikin jutek kayak gini. Atau setidaknya dia lihat gue menggertakan gigi tanda gue pengen dia segera minta maaf. Dia malah melengos pergi dengan kedua tangan di saku celana abu-abunya. Santai.
            Gue tahu langkah kaki dia akan berakhir dimana. Di bangku kayu itu. Seperti biasa. Ghost player. Lo tahu kan cerita dongeng tentang tuan putri yang kemana-mana selalu di kawal oleh prajurit. Atau bisa dibilang bodyguard. Pernah juga ada kisah tentang bodyguard yang jatuh cinta pada tuannya. Tangan gue mengepal keras. Kalo terus disini, mungkin akan ada salah satu yang berakhir dengan muka bonyok. Gue cabut. Gue cemburu.
            Calm down Jimmie! Maklumin. Nih anak memang hobi bikin rese’. Kemeja sekolah gak pernah masuk ke celana. Gak pernah pakek iket pinggang. Rambut gak pernah disisir, acak-acakan. Jalan suka-suka. Belajar suka-suka. Ngerasa sekolah ini punya nenek moyangnya dia. Yang kadang bikin risih... nih cowok sering ngejer-ngejer Anis. Marvin.
           

Marvin
            Lo liat kan cewek yang lagi duduk di bangku kayu bawah pohon itu. Ituu tuh, yang serba cherry aksesorisnya. Yang pake kuncir pita berbentuk cherry, anting cherry, gelang cherry, headset cherry, gantungan iphone cherry. Yang imut, yang manis, yang lucu, yang jutek abis dan galak kalo ketemu atau papasan sama gue, tapi sebenernya ramah kok. Dia gebetan gue. Yaa, belom resmi sih. Paling bentar lagi.
            Dia temen SMP gue. Eh, temen SD juga sih. Rencananya bakalan jadi pacar gue pas SMA, pas kita udah pakek seragam putih abu-abu. Gue berharapnya Tuhan mau ngabulin doa gue biar bisa bareng-bareng sama dia terus, ekhem sekelas bareng gitu. Tapi udah dua kali doa gue ditolak. Yaudahlah, ntar di akhir semester gue bakal minta doa yang sama lagi kok.
            Lo percaya gak kalo cinta tumbuh karena kita sering ketemu? Gue juga gak pernah percaya sih. Cuma mau nanya aja. Soalnya udah masuk sepuluh tahun gue sama Anis ketemu, sampe detik ini gue belom bisa buat dia jatuh cinta sama gue. Lo percaya sama love at the first sight? Gue sangat-sangat-sangat percaya. Karena sampe sekarang Anis berhasil membuat gue gak berpaling ke cewek lain selain dia.
            Gue lupa ngasih tau ya kalo gue punya radar yang sangat sensitif terhadap pergerakan kecil sekalipun? Khususnya buat cowok lain selain gue yang ngedeketin Anis, atau sekedar ngelirik Anis, atau yang lagi naksir Anis cuma belom ngungkapin aja. Dari kedipan mata aja gue udah bisa mastiin sampe di level mana tingkat suka mereka sama Anis.
            Namanya Jimmie. Ketua baru tim basket putra, anaknya baik, dan bla-bla-bla-bla-bla. Gue masukin dia ke kategori tiga, cowok yang lagi naksir Anis cuma belom ngungkapin. Gak perduli seberapa sering dia ngasih perhatian ke Anis, atau seberapa sering dia buat Anis ketawa. Cowok ini berada di garis merah gue. Rival.
            Pagi ini gue mergokin dia lagi ngeliatin Anis dari samping koridor kelas. Gak salah lagi. Pandangan dia searah sama gue. Cara dia ngeliat Anis membuat mata gue panas, merah. Dia mungkin bisa bohong ke semua orang dan bilang kalo gak terjadi apa-apa antara dirinya dan Anis. Tapi dia gak akan pernah bisa ngibulin gue.
            Gue berjalan ringan ngedeketin dia. Huf, dia masih gak sadar dari lamunannya. Gue rasa bunyi langkah gue cukup buat dia bergeming. Gak perlu pakek senyum bisa kan? Semakin lama kayaknya nih anak semakin nyolot ya. Ahaa, gue punya ide.
“aduuh”
            Sengaja. Kita beradu bahu. Nggak sih, lebih tepatnya gue yang sengaja nabrak bahu dia. Kata ‘aduh’ itu cukup buat jadi parameter keberhasilan gue. Gue sengaja noleh ke arah Jimmie. Sorry ya, gue bukan mau minta maaf atau menyesali perbuatan gue. Harusnya dia berterima kasih dong sama gue soalnya gue udah nyadarin dia dari khayalan tingginya itu.
“ops.. buru-buru..”
            Lagi-lagi sengaja. Gue sengaja mancing dia. Gue penasaran apa yang bakal dia lakuin sama gue. Mungkin caci maki, atau tonjokan, yaa semacam itu. Dan eng-ing-eng, nothing happen. Dia cuma menatap gue dengan tampang yang sengaja dibikin jutek, jelek. Ohiya, rahangnya juga mengatup, sorot matanya bilang cepetan minta maaf. Bodo amat.
            Gue udah memberikan peringatan berkali-kali soal ini. Atau mungkin dia terlalu munafik untuk tidak mengindahkan peringatan gue. Soal Anis. Lo bisa ambil cewek lain di sekolah ini, banyak kok yang cantik, manis, tajir, pinter, atau fans-fans cheerleaders lo yang suka teriak gila-gilaan, semuanya, kecuali Anis. Anis milik gue. Cuma boleh buat gue.
            Gue sadar, sangat sadar, dia terus memperhatikan gue sampe gue tepat berada di depan seorang gadis perbatasan ini. Antara kubu Marvin dan kubu Jimmie. Sorry bro, mulai detik ini gak akan ada kesempatan celah sedikit-pun buat lo. Gue jamin.
“Hai Manis, lagi baca apaa?”
            Gue menarik buku yang menghalangi pandangan Anis ke gue. Buku warna biru muda ukuran 13 x 19 cm, tebalnya kira-kira 2 cm, covernya warna biru dengan sentuhan bunga-bunga putih, ahh buku berbahasa inggris. Gue heran kenapa dia suka sastra. Hal yang menurut gue hoaam sangat membosankan. Gue bakal baca buku kalo gue lagi insomnia. Yakin seratus persen, kasih gue waktu dua menit aja, gue bakal tertidur pulas.
“Jangan panggil gue Manis !! Gue udah bilang gue gak suka disamain kayak kucing”
            Hahaha. Gue paling suka kalo ngeliat dia ngamuk. Teriak-teriak galak gitu. Matanya besar melotot ke arah gue. Mukanya juga lucu, lo lihat aja pipinya merah. Gue gak tahan untuk gak nyubit pipinya. Dia teriak lagi sambil mukulin tangan gue. Aduh, jadi gak tega, akhirnya gue lepasin cubitan gue. Dia mengusuk-ngusuk pipinya. Salah sendiri kenapa muka lo imut, kan gue gemes.
“Kan bagus.. Manis, Marvin dan Anis..”
“Awas lo kalo berani ngomong lagi, gue gigit lo!!”
“Oh boleh, tapi gigitnya disini yaa..”
            Anis menarik paksa bukunya. Tak lama, buku itu mendarat ‘mulus’ diatas kepala gue. BUKK, lumayan sih. Rasanya kayak ada yang ngejatuhin bola basket dari lantai dua tepat di atas kepala lo. Ohiya, ngomongin basket, si kunyu satu itu masih ngeliatin gak ya? Hah, ternyata masih. Ada yang panas nih. Gerah-gerah-gerah.
“Balik ini, cuci otak lo sampe bersih, sampe gak ngeres lagi.. dasar Piktor, pikiran kotor!!”
“Cuciin dong, Nis.. ehh ntar kalo pikiran gue dicuci, yang bakal mikirin lo siapa hayoo?”
“Uweeeekk!!”
            Logat muntahnya dia yang juga lucu. Apapun dari diri dia gue suka. Gue udah terbiasa, kalo diginiin doang mah, cemen. Waktu itu gue ngejahilin rambut dia, terus gue nyembunyiin kuncir cherry-nya. Dia ngamuk sepanjangan. Gue lupa kalo dia fanatik cherry. Alhasil gue dibuat gak bisa makan seminggu gara-gara pukulan dia di perut gue. Ada pepatah bilang, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Senengnya gue, dia rajin ngejenguk gue sambil ngebawain bubur ayam, kesukaan gue.
“Ehh..”
“Awas!!”
            BUKK. Kali ini Anis yang menimpa gue. Gue terlentang di bangku kayu seraya menangkap tubuh Anis. Kakinya keserimpet akar pohon. Suka jalan gak pakek mata sih. Untung ada gue. Kalo tadi beneran jatuh, udah sakit, seragam kotor, malu lagi diliatin orang-orang. Untung dia gak apa-apa. Syukurlah, yang lebih penting.
“Aduuh, aww, Marviiiiin, sakiiiit.. lepasin gak..”
“Mendingan lo jatuh di pelukan gue kan ketimbang jatuh di rumput becek gitu”
            Anis pergi meninggalkan gue, dengan muka jutek.
“Ihhhh, nyebelin!!”
            Gue cuma bisa tersenyum jahil. Menyisakan tubuh gue yang masih terlentang di bangku kayu. Sekalian nyantai aja lah kalo gitu. Gue lipat tangan gue ke belakang kepala. Menatap langit teduh yang awannya sekarang lagi nutupin matahari. Biru yang anggun.
            Keadaan yang sebenernya terjadi diantara gue dan Anis. Ilustrasinya kira-kira yaa, persis, sama dengan kejadian tadi. Gue cuma mau ngelindungin Anis, ngejagain dia. Tapi gak begitu dengan Anis, perasaan Anis ke gue. Kalo Anis gak peka, mm.. kemungkinannya tipis. Gue selalu ngomong terus-terang kok, blak-blakan, kalo gue suka dia. Miris ya. One side love.
            Yang paling gue takutin, ada orang lain di hati dia.


Anis
            Lewat, gak. Lewat, gak. Aduuh, lewat apa gak ya. Ya ampun, kenapa dia mesti berdiri di situ sih. Ntar kalo papasan, gue mesti bilang apa. ‘Apa kabar’? Ahh, kuno, basi. ‘What’s up bro’? Huh, terlalu alay. ‘Lama gak ketemu ya’? Duileeh, baru juga sehari. ‘Gue mau ke bangku itu, kebetulan lewat sini’? Idiih, mana ada orang perduli.
            Jarak udah semakin deket. Kisaran lima langkah lagi. Lagi nunduk gitu. Gimana mau nyapa dia coba. Ayo dong otak, gue harus bilang apa. Sisa tiga langkah. Aduh, pikiran gue masih kosong. Mana dewa ide, ayoo muncul, munculah. Sisa dua langkah lagi. Sisa satu langkah.
“hai..”
“hai..”
            Jimmie menoleh dan membalas sapaan gue. Cuma ‘hai’ doang yang bisa keluar dari nih mulut. Payah. Percuma satu tahun lo di sastra. Gue yakin tampang gue sangat ‘unpredictable’. Gue yakin tadi gak senyum. Good job Anis!! Kenapa tadi ekspresi gue harus flat sih. Aaaaaaa.
            Semoga dia lupa. Semoga dia cepet lupa. Jantung gue jadi deg-degan gini. Hal yang sering terjadi semenjak gue gak sekelas sama Jimmie lagi. Tuhan, kenapa sekarang gue baru sadar kalo sebenernya gue... suka Jimmie. Gue gak tau perasaan Jimmie ke gue. Just you know, yaa, dia anaknya baik, kita cukup deket sih, udah, cuma gitu doang. Kalo ditanya status antara gue dan Jimmie, apa yaa.. mm TTM mungkin, atau lebih tepatnya HTS, hubungan tanpa status.
            Kalo dipikir-pikir lagi sih, gue cukup kebanting sama fans-fans ceweknya Jimmie di sekolah –yang jumlahnya bejibun- ohmygod. Chelsea, ketua tim cheers sekolah, fans fanatik Jimmie. Dia bilang kalo ketua tim basket cocoknya cuma sama ketua tim cheers, itu sudah takdir yang dibuat, dan gak ada satupun yang bisa menghalangin. Ada lagi Viandra, ketua klub musik sekolah yang jago main piano, orang-orang bilang dia dewi yang sengaja dikirimkan ke sekolah kami untuk main piano, mulut lo bakal menganga kalo masuk ke ruang musik, tujuh per delapan deretan piala yang dijajarin disitu, semuanya milik Viandara. Ada juga Floren, Audy, Sisca, de-el-el yang gak kalah cantik dari mereka. Sementara gue, bisa dibilang.. like an usual girl.
“Hai Manis, lagi baca apaa?”
            Gue hapal mati suara itu. Lamunan gue soal Jimmie buyar sudah saat tangan jahilnya nyerobot buku gue, tetep dengan gaya seenaknya dia. Bahkan dalam kondisi headset yang masih nyangkut di telinga, ditambah buku Indigo Blue milik Cathy Cassidy yang sudah terbuka seperempat halaman tepat dihadapan gue, suara itu.. meskipun lirih, sangat-sangat-sangat ugghh menyebalkan!!
 “Jangan panggil gue Manis !! Gue udah bilang gue gak suka disamain kayak kucing”
            Udah berulang kali gue bilang kalo gue gak suka dipanggil Manis. Emangnya gue kucing, kucing aja mungkin gak mau dipanggil Manis, apalagi gue. Ini anak emang udah gak kenal kata kapok ya. Diteriakkin, dijitak, dipukul, atau dipelototin, kekeuh aja bawaannya.
            Aduuuh, iihhh. Pipi gue sakit tauu!! Enak aja main nyubit-nyubit tanpa izin. Gue aduhin ke KPAI ntar, biar lo ketemu sama Kak Seto. Cepetan lepasiiiin, Marviiiin. Malangnya pipi gue, udah merah gini, cup-cup. Gue cuma bisa ngusuk-ngusuk pipi gue yang dikira bakpao ini.
“Kan bagus.. Manis, Marvin dan Anis..”
“Awas lo kalo berani ngomong lagi, gue gigit lo!!”
“Oh boleh, tapi gigitnya disini yaa..”
            Marvin menunjuk bibirnya. Gue.. maksdunya gue gigit Marvin di bibirnya? Ohmygod, crazy boy!! BUKK. Sekonyong-konyong gue jitak kepalanya Marvin pakek buku yang tadi dia ambil. Keras. Tepat di atas kepalanya. Rasain lo, dasar otak mesum.
“Balik ini, cuci otak lo sampe bersih, sampe gak ngeres lagi.. dasar Piktor, pikiran kotor!!”
“Cuciin dong, Nis.. ehh ntar kalo pikiran gue lagi dicuci, yang bakal mikirin lo siapa hayoo?”
“Uweeeekk!!”
            This is Marvin bro. Makhluk paling nyebelin seantero jagad. Gue rasa dia ditakdirin hidup buat nguntit gue sepanjang hari. Dia bakal terus ada di sekeliling gue, ngusik hisup gue, mungkin sampe tahun depan, kalo dihitung yaa sekitar sepuluh tahunan. Berapa ketinggian puncak paling tinggi di Indonesia, Mahameru? Kalo dianalogkan, kira-kira setinggi itu rasa kesel gue ke Marvin. Gimana gue gak kesel coba.
            Lo bayangin aja, dimana bumi gue pijak, disitu gue ketemunya Marvin lagi Marvin lagi. Dimanapun dan kapanpun, ada aja alesan dia buat ngejahilin gue, ngebuat hidup gue gak tenang, ngerjain gue, ganggu kerjaan gue, ngebuat kegiatan fun day gue carut marut, ngebuat gak ada satu-pun cowok di sekolah ini berani ngajak gue ngedate gara-gara ulah usilnya dia yang mengklaim kalo gue cuma milik dia. Emangnya gue mainan. Kurang sinting macem apa coba hah?!
            Eh, ada sih satu yang berani ngajak gue nonton waktu itu. Dan lo tahu dia berakhir dimana? Bengkel mobil. Ban mobilnya kempes semua, termasuk plat mobilnya yang copot, ditambah tulisan-tulisan ceker ayam dengan tema ‘sadisme’ yang menghiasi dinding mobilnya. Dino, nama cowok itu, kayaknya udah kena teror deh. Tebak siapa yang ngelakuin itu? The only one, Marvin. Hal yang ngebuat gue dan Dino gak pernah ngomong lagi sampe sekarang.
            Satu-satunya yang gak mempan sama pengaruhnya Marvin yaa cuma Dreamed Prince gue, Jimmie. Puk-puk. Gue juga rada gak yakin sih. Mungkin aja Jimmie gak mempan gara-gara emang dia gak pernah punya perasaan apa-apa ke gue. Jadi dia masa bodo aja gitu. Tapi, kalo dia gak punya perasaan ke gue, kok dia ‘gitu’ banget sih. Ekhem, maksud gue yang kayak ngasih perhatian lebih gitu. Dia juga intens chatting sama gue, walau cuma sekedar ngirim sticker doang.
            Jimmie. Ohmygod!! Jadi dia masih ngeliatin gue dari koridor itu, berarti dia juga ngeliat pas Marvin dateng kesini dong. Greatjob Marvin. Lo ngacauin hari gue lagi. Lagi dan lagi. Kapan sih ada bintang jatuh? Gue mau cepet-cepet make a wish. Gue pengen dia hilang dari kehidupan gue, untuk selamanya.
“Ehh..”
“Awas!!”
            BUKK. Niatnya sih tadi gue mau segera cabut dari situ. Tapi, ini akar pohon kenapa tiba-tiba ngejelimpang di kaki gue sih. Untung aja gue gak jatuh ke kubangan itu, udah becek, kotor, malu ntar diliatin anak-anak lain, mana gue masih ada jam lagi di kelas. Tunggu, kalo gue gak jatuh, berarti gue sekarang ada di.. tubuh Marvin dong.
“Aduuh, aww, Marviiiiin, sakiiiit.. lepasin gak..”
“Mendingan lo jatuh di pelukan gue kan ketimbang jatuh di rumput becek gitu”
            Dasar cowok nyebelin. Suka ngambil kesempatan dalam kesempitan. Bisa-bisanya lo manfaatin keadaan ini buat pegang-pegang gue. Bencana banget, gak sengaja gue beradu pandang sama mata Jimmie. Gue lihat tangan dia mengepal dan tampaknya.. lagi kesel. O-ow. Segera, gue menarik tubuh gue. Menjauh dari Marvin. Bergegas pegi. Lebih tepatnya, mengejar Jimmie yang langsung angkat kaki waktu insiden diluar kendali gue ini terjadi.
“Ihhhh, nyebelin!!”
            Ini gak boleh terjadi. Gue harus jelasin ke Jimmie kalo sebenernya antara gue dan Marvin itu gak terjadi apa-apa. Gue gak ada hubungan apa-apa sama Marvin. Gue gak mau Jimmie salah pengertian. Tapi, kenapa juga gue harus jelasin ke Jimmie ya? Buat apa? Emang Jimmie siapa gue? Aduh gue labil banget sih. Ahh sudahlah. Jim, wait for me!
            Kemana sih Jimmie. Udah muter-muter sekolah gini gue masih gak ketemu juga. Tunggu. Kayaknya yang lagi berdiri megang pager balkon lantai dua itu Jimmie deh. Ah iya, gak salah lagi. Semoga Jimmie masih ada di situ. Gue buru-buru naik tangga.
“Jim!!”

           
Jimmie
            Ada sesuatu yang berguncang didada gue waktu ngeliat Marvin dan Anis berdua-duaan di taman tadi. Sesuatu yang mungkin benar, menjadi alesan kenapa hidup gue akhir-akhir ini jadi gak tenang. Fix! Ini namanya gue cemburu. Gue gak begitu yakin gimana nyebut perasaan gue ke Anis. Intinya sama kayak Marvin, gue gak mau kehilangan Anis. Gue sayang Anis. Itu aja.
“Jim!!”
            Anis. Kenapa dia bisa tahu gue ada disini. Kenapa bisa secepet ini Tuhan ngirimin pertanda ke gue? Huff, apa yang mesti gue lakuin sekarang? Gue mesti ngomong apa? Gue belum siap. Ayo Jim, sapa dia, bales sapaannya tadi. Isshh, bego banget gue, mulut gue gak kebuka. Percaya atau gak, ini pertama kalinya gue grogi pas ngeliat dia.
“Mm.. yang di taman itu.. serius gak terjadi apa-apa..”
            Apa yang barusan dikatakan Anis? Gue gak bisa denger. Aduh, pikiran gue kacau. Gue gak bisa nangkep apa yang dikatakan Anis tadi. Apalagi waktu mandangin dia perlahan mendekat ke arah gue. Dengan langkah buru-burunya. Dengan kuncir cherry-nya yang goyang-goyang ngikutin siluet tubuh dan arah rambutnya. Anis terlihat.. mm.. so sweet.
“Jim ayoodong jangan diem terus..”
            Gue gak diem, honey. Justru gue lagi kerja keras buat ngembaliin kesadaran gue.
“Gue sama Marvin gak ada apa-apa”
            Ahh, nama itu, Marvin. Seketika gue tersadar. Ada jurang pemisah yang dalam antara gue dan Marvin. Dan jurang itu adalah dia, cewek yang berdiri di depan gue sekarang. Dia gak akan berada di garis aman selama belum ada batas yang jelas diantara kami. Gue dan Marvin, orang yang sama-sama ingin memiliki, memperjuangkan.
            Maaf, gue salah, bukan gue, tapi Marvin. Gue sadar betul, selama ini hanya Marvin yang memperjuangkannya. Dan gue, cuma duduk manis, menunggu, seperti pengecut. Bersembunyi dibalik bayang-banyang dulu. Kenapa juga gue harus ambigu dengan kata-kata ‘memperjuangkan’ sementara gue memang gak betul-betul berjuang untuk itu.
            Baik. Cukup sampai disini. Cukup sampe bates ini aja gue jadi pecundang. Marvin aja bisa ngelakuin apapun semau dia, kenapa gue gak. Lagipula, Anis belum jadi milik siapa-siapa. Itu artinya, peluang gue dan Marvin fifty-fifty. Gue gak akan tau peluang itu bakal jadi kenyataan buat gue kalo gue gak nyoba kan. Gue gak mau ngebuang kesempatan ini. Kesempatan yang mungkin gak akan pernah dateng lagi seumur hidup gue.
“Kalo gitu lo jadi pacar gue ya..”
            Lega. Akhirnya perasaan gue menyeruak keluar juga. Perasaan yang selama ini gue raguin keberadaannya, akhirnya nampak juga. Jujur, butuh waktu yang sangat lama untuk membuat perasaan gue bicara. Butuh medan yang genting untuk memaksa gue terus terang. Butuh ekstra keberanian untuk semua ini. Dan yang gue lihat, Anis mematung. Please, Nis! I begging for you.
“Mau kan Nis?
“Gue...”
            Anis terbata. Gue lupa. Gue siap menang, tapi gue gak siap kalah. Kenapa kemungkinan terburuk baru terpikir disaat-saat payah seperti ini. Disaat gue emang gak bisa usaha lagi, disaat gue cuma bisa ngandelin keberuntungan gue. Disaat gue cuma bisa nunggu Anis, hati Anis. Dan kalo kemungkinan itu benar-benar terjadi.. gue gak siap, gue bisa hancur saat ini juga.
“Gue mau”


Anis
            Kalo gitu lo jadi pacar gue ya.. Mau kan Nis? Kata-kata Jimmie masih terngiang-ngiang di telinga gue. Jimmie beneran nembak gue? Serius? Sumpah? Aaaaa, gue gak mimpi kan? Ye-ye-ye-ye-ye. Jimmie nembak gue. Jimmie nembak gue. Jimmie nembaaaak gueee. Pengen rasanya gue jerit sekenceng-kencengnya, biar dunia tahu gue lagi bahagiaaa banget.
            Gue tadi sempet ragu sih mau jawab apa. Gue kira ini mungkin semacam April Mop atau jebakan batman atau yaa hal-hal konyol lain. Gue baru sadar waktu ngeliat muka Jimmie yang.. emang gak keliatan lagi main-main. Dan waktu gue menatap matanya, ahh.. Jim, you make me wanna say I do!!
“Gue mau”
            Ya, gue mau jadi pacar lo Jim. Gue mau. Wajah Jimmie berubah, lebih bersinar, dia langsung meluk gue singkat. Jimmie bilang akan nganter gue pulang, mulai dari hari ini sampe seterusnya. Anter-jemput. Gue cuma ngasih anggukan sejurus dengan Jimmie yang mengisyaratkan, kita akan selalu bareng-bareng, sekarang susah seneng kita berbagi berdua. Ahh, gue menobatkan hari ini sebagai hari terbaik sepanjang sejarah hidup gue.
“kok senyum-senyum sendiri dari tadi?”
            Punya martil gak? Panci aja deh panci? Gue pengen ngetok kepala nih cowok. Gimana gue gak ngerasa terancam kalo gini terus. Lo tuh kayak asep tau gak, dimana-mana ada. Tiba-tiba bisa nongol di depan orang tanpa jelas waktu dan tempatnya. Jangan-jangan lo juga bisa muncul di toilet waktu gue lagi pipis. Ihh!!
“mikirin gue yaa? hayoo ngaku..”
“idiiih, siapa yang mikirin lo, mending gue mikirin Jimmie”
            Ops, keceplosan. Aduh, mulut, lo kok ember banget sih. Kenapa gue sampe nyebut-nyebut nama Jimmie di depan Marvin. Mereka kan udah bebuyutan musuhannya, dari orok mungkin. Jangan sampe Marvin tau kalo gue udah jadian sama Jimmie. Gue gak mau Jimmie berakhir di rumah sakit, atau parahnya.. ngebuat Jimmie gak mau ngomong sama gue lagi seumur hidup. Sama kayak cowok-cowok yang dikerjain Marvin dulu.
“Jimmie nembak lo?”
            Skak! Gue emang selalu gagal nutupin rahasia dari Marvin. Ini nih susahnya kalo kita udah temenan dari kecil. Gue gak pernah bisa bohong dari Marvin. Gue gak bisa ngumpetin sesuatu dari cowok ini. Dia udah tau gue, hafal banget diluar kepala mungkin.
Ahh, gak kok gak.. haha.. kata siapa.. hahaha bukan..”
“lo gak bisa bohong!! jangan diterima, nis.. gue gak rela!!“
“apa?? vin, come on, itu kan hak gue mau nerima apa gak”
“kalo lo terima dia, gue bisa nekat”
“gak lucu ya, vin..”
“gue gak lagi ngelucu”
            Marvin langsung cabut. Whatever!! Gue gak tau dan gak mau tau kemana dia akan pergi. Yang penting sekarang gue bisa bernapas lega. Yaa, setidaknya untuk sementara. Sampe gue bisa cari cara buat lolos dari Marvin lagi. Gue dan Jimmie. Hal yang membuat gue khawatir adalah waktu Jimmie ngechat gue dan bilang ‘tunggu yaa hon, ada urusan bentar’. Gue jadi gusar.
            Karena kita udah temenan dari kecil, gue hafal sifat Marvin. Gue tahu kapan Marvin bercanda, kapan Marvin bicara serius. Dan kali ini hati gue bilang, akan terjadi sesuatu, antara Marvin dan Jimmie. You know, Marvin gak pernah seperti ini sebelumnya. Sumpah gue jadi gak tenang. Apa yang gak bisa dilakuin Marvin. Cowok gila yang suka nekat, gak perduli soal hukuman, sanki, atau apa-lah sejenisnya. Iphone gue berdering sejurus kemudian. Gue langsung lari. Sebuah pesan singkat dari Marvin.

Koridor belakang gedung lama
-Marvin

           
Jimmie
            Gue terkejut. Gue kedatangan tamu tak diundang. Yang sebenernya, keberadaan cowok ini sudah gue ramalkan. Gue yakin kabar kalo gue jadian sama Anis akan cepat nyampe di telinganya. Katanya, dia punya radar supersensitif. Boleh juga. Gue akui radarnya ampuh. Begitu juga gue, yang udah siap, apa-pun resikonya.
            Gue mengeluarkan iphone gue. Jaga-jaga kalo urusan ini akan berlangsung sedikit alot. Gue gak mau Anis kelamaan nunggu gue, apalagi kalo gue gak ngasih kabar. Baru aja gue masukin benda itu ke saku celana abu-abu gue, kerah kemeja gue dicekat kencang. Cowok itu membisikkan sebuah nama tempat sebelum berlalu. Dia tahu gue bukan pengecut. Gue gak akan lari.
            Marvin membelakangi gue waktu gue tiba disana. Gak ada siapa-pun, cuma gue dan dia. Gue bisa ngerasain amarah yang luar biasa walau gue gak berhadapan langsung dengan Marvin. Lo pikir hal kayak ginian akan buat gue gentar hah? Lo salah kalo lo punya pikiran kayak gitu. Selangkah-pun gue gak akan pernah mundur. Apalagi dengan cara yang lo lakuin kayak gini. Ciih, kampungan.
“Gue udah peringatin lo, jangan deketin Anis.. cuma kuping lo kayanya budeg ya”
“Anis siapa lo? Pacar? Gak kan.. iya, dia emang pacar, pacar gue sekarang”
            Seketika Marvin langsung berbalik. Menghantam tubuh gue dengan keras sampe tubuh gue tersungkur ke tanah. Gue gak bisa nahan serangan Marvin. Dia sama sekali gak ngasih gue celah buat ngebales pukulan dia. Dia ngunci tubuh gue, terjerembab, tersungkur di bawah kakinya. Gue tetap usaha, sekuat tenaga untuk bisa lepas dari kungkungan yang ia buat. Tapi nihil.
“Bilang kalo lo gak suka sama Anis!!”
            Apa? Lo gila? Lo emang udah bisa buat gue babak belur, tapi kalo buat ini, gue gak bisa. Gue gak mau ngebohongin hati gue. Di dunia ini, jangan lo pikir cuma lo doang yang punya cinta buat Anis. Lo gak biarin Anis milih. Lo cuma perduli sama perasaan lo doang. Lo sama sekali gak perduli sama perasaan Anis. Lo munafik. Lo boleh ngelampiasin kemarahan lo ke gue, tapi gue gak akan tinggal diem kalo lo terus-terusan buat Anis menderita karena keegoisan lo Marvin.
“Gue suka Anis!!
            BUKKK. Satu pukulan keras menyentuh pipi kanan gue.
“Bilang lo cuma akan nyakitin Anis!!”
“Gue gak akan nyakitin Anis!!”
            BUKKK. Satu pukulan keras menyentuh sudut bibir gue.
“Bilang lo cuma akan buat Anis nangis!!”
“Gue gak akan buat dia nangis!!”
            BUKKK. Satu pukulan keras tepat di batang hidung gue.
“Bilang kalo lo...”
“Gue akan ngelindungin dia, gue akan selalu jagain dia, gue sayang sama Anis”
            Marvin diam. Entah kehabisan kata-kata atau sengaja menunggu waktu yang tepat untuk mendaratkan bogem mentah ke muka gue lagi. Yang gue lihat cuma Marvin yang membeku di atas tubuh gue. Tangan kirinya masih mencengkram kuat kerah baju gue. Tangan kanannya di udara sambil mengepal. Napasnya kian memburu. Seirama dengan cepat napas gue yang gue tahan biar gak putus saat ini.
            Gue gak tau apa yang merasuki Marvin. Ia melepaskan cengkraman tangannya. Perlahan mulai mengendur dan berdiri. Gue sesegera mungkin menjauh dari Marvin. Gue cuma siap-siap, siapa tahu ada hal tak terduga yang bakal terjadi. Seperti serangan tiba-tiba yang lebih brutal dari ini. Siapa yang bisa tebak apa yang ada di otak Marvin.
            Surprise!! Dia sepertinya sudah puas dengan game ini. Tanpa ba-bi-bu, Marvin langsung balik badan dan ninggalin gue gitu aja. Sumpah gue kesel sama tuh orang. Dateng bersama angin dan pergi bersama angin. Kalo ini yang dia sebut menyelesaikan masalah. Dia fatal.
“Relain Anis buat gue”
            Cowok itu berhenti. Lalu diam sejenak. Gue lihat dari belakang dia mengeluarkan iphone, mungkin sedang mengetik sesuatu. Tanpa menoleh sedikitpun ia menjawab pernyataan gue yang lebih pantes disebut ‘warning’. Nada suara yang mungkin belum pernah terdengar dari seorang Marvin. Suara yang berat, patah, tapi mengancam.
“Sampai mati-pun gue gak akan rela.”
            Marvin benar-benar melangkah pergi, sampai di ujung koridor dia tak terlihat lagi. Seiring pandangan mata gue yang mengabur. Kepala gue benar-benar terasa pusing. Mungkin halusinasi gue, sesosok menghampiri gue, bibirnya bergetar seolah meneriakkan sesuatu tapi gue gak bisa mendengar apapun. Ini malaikat atau... Anis.


Marvin
            Hari ini akhirnya dateng. Hari yang sangat gue takutin. Hari dimana gue, harus merelakan orang yang gue sayang. Jawaban atas semua pertanyaan gue. Apa gue salah kalo gue suka sama lo? Apa gue salah karena gue sayang sama lo? Apa gue salah karena gue cuma jatuh cinta sama lo? Ya, gue salah, gue tahu tapi gue pura-pura gak tau. Gue salah karena gak biarin lo milih, persis seperti kata Jimmie. Alesan kenapa lo lebih milih Jimmie. Cinta, disini.. lo gak bisa cuma miliki satu doang, lo harus punya sepasang. Both or nothing.
            Great!! Saking seringnya gue mikirin dia, gue mulai berhalusinasi. Sore-sore gini, dia duduk sendirian di bangku kayu lagi, kali ini tanpa headset dan bukunya yang biasa nemenin. Entah apa yang lagi dia lakuin disitu. Gue ngucek-ngucek mata, siapa tahu ini berhasil menyadarkan gue. Tunggu, gue lagi gak berhalusinasi. Itu beneran Anis. Kaki gue melangkah, mendekat.
“Muka lo pucet, lo sakit?”
            Dia sama sekali gak jawab pertanyaan gue. Gue gak tahu apa yang lagi dirasain atau apa yang sedang terjadi padanya. Gue berharap ini bukan karena ulah gue. Tatapan matanya kosong. Mengisyaratkan kekecewaan yang sarat. Tuhan, kalo ini benar karena gue, jujur gue gak sanggup. Gue akan ngelakuin apa-pun untuk mengembalikan ini semua pada posisinya. Mengembalikan Anis. Senyum Anis. Meskipun gue kini, benar-benar harus.. merelakannya.
“Nih, sandaran di bahu gue, ntar kalo udah mendingan gue anter pulang”


Jimmie
“Maafin gue Jim”
            Jangan minta maaf. Lo gak salah, jadi lo gak perlu minta maaf. Justru gue yang harusnya berterima kasih sama lo. Terimakasih karena lo gak buru-buru nolak gue waktu itu, gue gak tahu apa yang akan terjadi sama gue kalo lo beneran ngelakuin hal itu. Gue cuma gak siap, gue masih childish. Gue gak berpikir kalo hal semacam ini akan terjadi pada kita, kita bertiga.
            Hal rumit yang gue akui rada-rada bikin gue iri sama lo berdua. Gue sayang lo kok, itu aja. Terimakasih karena udah ngasih kepercayaan ke gue buat ini. Ohiyaa, terimakasih juga karena lo udah nyadarin gue tentang apa itu cinta... sebuah ketulusan. Come on, smile and gimme a hug!!


Anis
            Gue merasa bersalah atas apa yang terjadi pada Jimmie. Yah, harusnya sih bukan gue, tapi Marvin, tapi.. gara-gara gue juga sih. Intinya kalo ada yang patut dipersalahkan atas kejadian ini, yaitu gue. The only one suspect. Alasan kenapa ada adegan tonjok-tonjokkan antara Jimmie dan Marvin. Lebih tepatnya Marvin yang nonjok Jimmie. Ahh Marvin.. anak itu, nyebelin.
            Gue sama sekali gak nikmatin makan siang gue sama Jimmie kali ini. Mana ada cewek yang tega ngeliat cowoknya makan sambil nahan rasa sakit. Mukanya biru-biru semua. Gue tahu dari tadi Jimmie maksain senyum ke gue. Gue yakin rasanya sakit. Iya-laah. Setiap kali dia senyum, ada ringisan ngilu diakhir senyumnya. Kita jalan-jalan aja yuk.
            Disisi lain, gue juga kasihan sama cowok ngeselin di ujung sana. Dia pasti lagi sendirian. Tekanan batin pasti lebih berat ketimbang harus bonyok-bonyok di pipi. Gue sempet heran, kenapa dia ngebet banget pengen nonjok Jimmie, bikin Jimmie babak belur sampe kayak gini. Kalo alesannya gara-gara gue.. gak masuk akal banget kan. Banyak kok cewek lain yang naksir dia. Yaa walaupun tampang dia urak-urakan, anaknya baik kok, humoris, setia kawan, solid, tapi kadang ngeselin juga sih. Lho, kok gue jadi mikirin Marvin? Hush-hush.
“Nis, ada yang mau gue tanyain..”
            Gue noleh ke arah Jimmie. Jimmie nyentuh kedua pundak gue. Disekanya helaian rambut gue yang jatuh menutup mata, menyipir ke belakang telinga. Mata Jimmie meneduhkan. Gue udah sedeket ini sama Jimmie. Entah mengapa, rasa deg-degan gue hilang gitu aja. Atau mungkin karena gue udah jadian sama Jimmie. Beda banget dengan apa yang selalu gue rasain pas ada Marvin disamping gue. Lo tau kenapa gue selalu ngindarin Marvin, karena sedetik-pun gue gak bisa lepas dari bunyi jantung yang deg-degan dengan muka merah setiap dia ada di deket gue. Apalagi waktu dia terang-terangan bilang suka ke gue, di depan orang rame. Kadang bikin gue illfeel, ukh nyebelin. Kadang juga bikin gue sampe.. tersipu.
“Gue cuma minta lo jujur sama perasaan lo sendiri”
            Gue tertohok dengan ucapan Jimmie barusan. Ada sekelebat kata yang tersimpan jauh di hati gue, berdinding kokoh, menjulang, sampai menutup. Gue melupakannya. Bukan, melewatkan lebih tepatnya. Dengan sebuah pandangan lembut, Jimmie mendobrak dinding itu. Jujur, sebuah frase yang kini membuat gue berada di titik ambang. Sebuah frase yang gue lupa.
“sstt..”
            Telunjuk Jimmie menutup bibir gue tepat disaat gue akan berucap. Dia cuma gak mau gue ngebohongin diri gue sendiri, sementara gue.. akan sangat merasa bersalah atas kejadian ini. Gue gak tau apa yang sedang berkecamuk di hati gue. Cinta, disini.. lo gak bisa cuma miliki satu doang, lo harus punya sepasang. Both or nothing. Lebih dari itu, gak pernah ada tiga hati dalam satu cinta. Kalo ada, maka salah satunya akan terluka. Kasarnya adalah.. pilih Jimmie atau Marvin.
“Ini saatnya lo dengerin kata hati lo, Nis.. gue akan menerima apa-pun itu.. karena gue sayang lo”
            Leher gue tercekat. Gue menarik napas dalam. Lo bener, dengan gak jujur, kita justru membuat luka itu semakin pedih. Dengan gak jujur, sama saja dengan membuat sayatan itu bertambah lebar. Dengan gak jujur.. akan ada banyak hati yang terluka nantinya. I know it will hurt you so much, i’m so sorry for this.
“Maafin gue Jim”
            Jimmie tersenyum dan membelai gue. Sesaat gue sudah berada dalam pelukan hangat Jimmie. Gue sendu, ini tanda perpisahan dari Jimmie. Sekarang gue ngerasa jadi cewek paling jahat sedunia. Gue ngerasa egois. Karena keegoisan gue kini membuat Jimmie terluka. Maafin gue Jim, gue terlalu naif untuk membedakan arti kata cinta dan kagum. Ketika kita udah berada dalam posisi sulit seperti ini, lo masih mencoba melindungi gue, atas kesalahan gue sendiri. Gue minta maaf. Gue minta maaf.
            Gue masih duduk sendiri di bangku taman ini. Jimmie udah pulang dua jam lalu. Gue nolak ajakan Jimmie untuk nganter gue pulang. Rasanya jahat banget, gue udah bikin dia patah hati, ehh minta dianterin pulang lagi. Walaupun sebenernya dia yang nawarin sih tadi. You know, ada saat dimana kita butuh waktu sendiri, tanpa siapa-pun, tanpa mikirin apapun.
“Muka lo pucet, lo sakit?”
            Heh? Kok dia bisa ada disini? Untung jantung gue gak copot. Wah, GPRS lo sinyalnya kuat juga ya. Lo berbakat buat masuk satuan tim pencari anak hilang. Gue yakin karir lo bakal bagus disana. Well, gue lega masih bisa ngeliat lo. Gue pikir tadi gue bakal berakhir di rumah sakit atau di koran, berita tentang cewek yang loncat dari jembatan sehabis putus dari pacaranya.
            Gue rada-rada seneng sih ngeliat lo, cuma gue terlalu males untuk ngejawab pertanyaan lo. Sedang tidak berselera. Apalagi mulut gue pahit, terasa ngunyah lalapan yang gak direbus. Putus dari ketua tim basket sekolah yang kece itu tuuh, paradigmanya udah jelek. Gue gak bakal bisa tidur seminggu. Mata gue akan bengkak, merah, dan berair. Say i will regret it, hoh, you wish.
“Nih, sandaran di bahu gue, ntar kalo udah mendingan gue anter pulang”
            Aaah, a shoulder to cry, a shoulder to lean on, milik Marvin. Dibalik sosok gila-gilaannya lo, ternyata ada hati seempuk marshmallow. Jangan goda gue buat bersandar di pundak lo, atau pundak lo gak bakal gue lepas lagi. Wah, lo maksa sih. Yaudah, nih pundak beneran buat gue. Sekonyong-konyong kepala gue ‘lie down’ di pundaknya Marvin yang terasa hangat. Jarak yang begitu dekat dengan jantungnya, hatinya. Entah berapa lama gue disitu, yang gue tahu pas gue buka mata, langit udah mulai menguning dan hembusan udara mulai dingin.
“dingin?”
“hmm.. dikit”
            Marvin melepaskan jaketnya buat gue. Gue gak ngehalangin waktu dia memakaikan jaket kulit miliknya dari belakang punggung gue. Jaket ini hangat, sehangat pundaknya. Dari jaket ini gue bisa mencium aroma tubuh Marvin yang khas. Aroma tubuh cowok yang katanya cinta mati sama gue. Yang selalu bikin gue risih karena ngejer-ngejer gue. Yang bikin pipi gue merah.
“gue cuma bisa ngerelain lo, asal lo bahagia.. itu aja”
            Gue gak percaya kata itu bisa keluar dari seorang Marvin. Cowok biang onar sekolah, dari SD sampe SMA. Gue kedip-kedip mata dari tadi. Jangan-jangan ini bukan Marvin. Mungkin sejenis kembar siam atau kloningnya Marvin dengan rupa sama persis dan tabiat berbeda. Dia kelihatan berbeda. Gak ada sama sekali nada memaksa atau mengolok-olok seperti biasa, kali ini.. maknanya lebih dalam. Jangan-jangan dia ngira gue masih jadian sama Jimmie. Gue tersenyum jahil.
“kalo gue bilang sekarang gue udah jatuh cinta sama lo, lo masih mau ngerelain gue?”
            Marvin mengangkat mukanya yang dari tadi kelihatan sendu. Sekilas, ia menunduk lagi. Senyum gue semakin mengembang. Hey, cheers me up, i have been broke up a minute ago. Marvin mengangkat mukanya lagi, mengerjap, seolah gak percaya dengan apa yang gue katakan barusan. Gue bergidik dan mengangkat bahu. Tebak apa yang dikatakan Marvin, huuhf.
“sebenernya... gue masih gak rela sih.. dikit”
            Marvin tersenyum dengan tangan kanan di dagunya. Sok berpikir kritis. Dia mengacak-acak rambut gue. Gue cuma bisa sumringah. Waktu dia menjepit hidung gue pake jempol dan telunjuk kanannya, baru gue cubit keras lengannya. Gue bisa apa waktu dia merangkul gue, seperti di adegan drama korea, di tengah daun-daun coklat yang gugur, yaa gue melingkarkan tangan gue besar-besar sampe nyentuh punggungnya. My Marvin is back. We live happily ever and after.
            Kita gak pernah tau kemana takdir akan membawa kita. Mungkin kita akan terdampar ke sebuah pulau tak berpenghuni atau mungkin kita akan terdampar ke sebuah sekolah, dimana hanya ada dua pilihan, seperti Jimmie atau Marvin. Kalo pilihannya cuma mereka berdua, absolutely gue akan pilih Jimmie. Tapi, kalo nanti akhirnya gue pilih Marvin, mm.. yaa.. entahlah.. mungkin karena Marvin terlalu nyebelin, saking nyebelinnya sampe ngebuat gue jatuh cinta. Hah, i dunno why, but i know now i’m a crazy girl.
            Gue suka sama lo Marvin, I Love you.


Marvin
“Kalo gue gak suka sama lo lagi gimana? haha, becandaa.. ihh jangan cemberut dong.. nih gue bisikkin satu rahasia.. ekhem.. I Love you to.. I will always love you, Anis”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar